Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Desa Tanjungkalang, Antara Misteri Pohon Tanjung dan Wong Kalang

Kantor Desa Tanjungkalang

Nganjuknews.com – Tanjungkalang merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Terkait dengan sejarah Desa Tanjungkalang sendiri belum banyak yang mengupasnya. Namun yang pasti desa ini memiliki sejarah yang panjang.

Dalam laman ngronggot.nganjukkab.go.id – situs resmi Pemkab Nganjuk – dijelaskan bahwa ada dua versi terkait dengan asal-usul Desa Tanjungkalang.

Versi pertama, dijelaskan bahwa dulunya di wilayah yang kini dikenal sebagai Desa Tanjungkalang ini berdiri sebuah kerajaan.

Kerajaan itu berpusat di Pekalongan – kini dikenal sebagai Jabon – salah satu dusun yang ada di Desa Tanjungkalang.

“Rajanya berasal dari Kalangbret Tulungagung,” tulis laman ngronggot.nganjukkab.go.id.

Berdasarkan penelusuran Nganjuknews.com, Kalangbret diketahui merupakan nama salah satu desa di Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Nah, di tanah Pekalongan tersebut tumbuh pohon besar bernama Tanjung.

“Gabungan dari Pohon Tanjung dan Raja Kalangbret tersebutlah akirnya muncul nama Tanjungkalang,” jelas laman tersebut.

Sementara versi yang kedua, disebutkan bahwa Desa Tanjungkalang dulunya dihuni oleh warga yang dikenal sebagai bagian dari Kalang.

Adapun Kalang sendiri dikenal sebagai sub suku dalam masyarakat Jawa, yang eksis sebelum agama Hindu dan Budha masuk ke Nusantara.

Suku Kalang inilah yang diyakini merupakan nenek moyang dari warga Desa Tanjungkalang.

“Apabila orang tersebut (wong Kalang) meninggal dunia, maka setelah hari keseribunya orang tersebut gambarnya dalam bentuk patung diarak keliling desa dan akhirnya dibakar,” tutur laman ngronggot.nganjukkab.go.id.

“Hal itu dilakukan oleh warga tersebut sampai turun-temurun, dan ada sebuah pohon yang besar yang bernama pohon Tanjung. Dari penggabungan dua nama terkenal tesebut menjadilah sampai sekarang sebutan Desa Tanjungkalang,” lanjutnya.