Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top Markotop! Nganjuk Raih Piala Adipura yang ke-11 Kalinya

Piala Adipura tahun 2023 saat diarak di Nganjuk, Sabtu 9 Maret 2024

Nganjuknews.com – Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, memimpin apel sekaligus melakukan serah terima Piala Adipura tahun 2023, Sabtu 9 Maret 2024.

Setelahnya, Piala Adipura tahun 2023 tersebut dikirab agar simbol prestasi ini bisa disaksikan seluruh masyarakat Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Kabupaten Nganjuk memang sudah tak asing dengan Piala Adipura.

Hanya saja pada tahun 2022 lalu, saat masa pandemi Covid-19, Nganjuk sempat absen meraih Piala Adipura.

Berkaca dari pengalaman tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk lantas melakukan evalusi tata kelola kebersihan kota di tahun 2023.

Hasilnya, Nganjuk kembali menorehkan prestasi dengan meraih Piala Adipura tahun 2023, yang pialanya lantas dikirab di wilayah Nganjuk pagi tadi.

Adapun kirab tersebut diikuti oleh Poltam, para kader lingkungan hidup se-Kecamatan Nganjuk, pasukan hijau Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP, dan unsur organisasi masyarakat lainnya.

Dalam pemberangkatan kirab Piala Adipura ini, Sri Handoko tampak didampingi Ketua DPRD Nganjuk Tatit Heru Tjahjono, Inspektur Daerah Nganjuk Mokh Yasin, Kasatpol PP Nganjuk Suharono, Camat Kota Nganjuk Hari Moektiono, dan Kepala DLH Nganjuk Subani.

Piala Adipura tahun 2023 ini diarak dari dan finish di depan Pendopo KRT Sosrokoesoemo.

Pengamatan Nganjuknews.com, masyarakat Nganjuk tampak antusias menyambut kembalinya Piala Adipura ini di tanah Anjuk Ladang.

Ratusan anak-anak sekolah tampak riang gembira menyambut Piala Adipura di sepanjang jalan yang dilewati, menyambut simbol prestasi di bidang lingkungan hidup ini.

Dalam kesempatan itu, Sri Handoko mengucapkan terima kasih atas segala upaya dan kekompakan semua pihak, OPD, termasuk masyarakat Nganjuk dalam ikut menjaga kebersihan lingkungan.

Sri Handoko menerangkan bahwa Piala Adipura 2023 ini adalah torehan yang ke-11 kalinya, dan merupakan wujud representsi penilaian pemerintah pusat kepada Kabupaten Nganjuk, karena dinilai bisa menjaga kebersihan, kenyamanan, dan penanganan optimal terkait sampah.

“Ini adalah Piala Adipura untuk masyarakat Kabupaten Nganjuk, ini adalah prestasi bersama. Saya titip terus jaga kebersihan, jaga lingkungan agar tetap asri dan nyaman,” pesan Sri Handoko.