Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apresiasi 2 Pemuda Pelopor Asal Nganjuk yang Lolos Tingkat Provinsi, Sri Handoko Taruna: DNA Kita Itu Pemenang

Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, memberikan sambutan saat menyambut Dewan Juri dalam Fact Finding Pemuda Pelopor tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2024 di Pendopo KRT Sosrokoesoemo, Rabu 5 Juni 2024

Nganjuknews.com – Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, menyambut kedatangan Dewan Juri dalam Fact Finding Pemuda Pelopor tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2024 di Pendopo KRT Sosrokoesoemo, Rabu 5 Juni 2024.

Dalam momen itu, raut ‘bangga’ terpancar dari wajah Sri Handoko. Ia tampak optimis, mengingat tahun ini Kabupaten Nganjuk kembali mengirimkan wakilnya, bahkan dua sekaligus, di seleksi Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2024.

Adapun dalam seleksi ini, Kabupaten Nganjuk mengusung misi meneruskan tradisi juara Pemuda Pelopor dalam tiga tahun terakhir.

Sementara pada seleksi Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2024 ini, Kabupaten Nganjuk diwakili oleh Ilham Alif Saputra (22) dan Wahyu Eka Kiswardani (23).

Ilham Alif Saputra merupakan warga Desa Ngluyu, yang berkompetisi di Bidang Kepeloporan Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata.

Belum lama ini, Ilham Alif berhasil mengubah sebuah lahan kritis milik Perhutani KPH Nganjuk di wilayah Kecamatan Ngluyu, bekerja sama dengan LMDH Jati Mulyo Desa Ngluyu, menjadi sebuah cafe and resto kekinian dengan nama SOAN (Sobo Alas Ngluyu).

Sebagai branding daerah, rintisan usaha kuliner sebagai workshop dan communal space anak-anak Ngluyu ini menjadi sentra UMKM tanaman toga hasil hutan dengan produk Minse (Minuman Segar), dan pengolahan limbah akar pohon jati.

Termasuk Ilham Alif turut menggiatkan even olah raga bola volley di area SOAN Cafe and Resto, yang mana ia bisa menjadi motivator para pemuda di wilayah Ngluyu.

Sedangkan Wahyu Eka Kiswardani adalah warga Dusun Kanigoro, Desa Mojoduwur, Kecamatan Ngetos, yang belum lama ini melakukan riset di Dusun Gimbal, Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan.

Pada seleksi Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2024 ini, Wahyu Eka berkompetisi di Bidang Kepeloporan Inovasi Teknologi.

Wahyu Eka dinilai mampu mengolah lahan, dan meningkatkan produksi bunga mawar yang ada di wilayah Desa Ngliman, untuk diolah menjadi berbagai produk makanan, minuman, dan minyak atsiri.

Ia mempunyai inovasi Josh-Garden: Standarisasi Budidaya Tanaman Mawar Berbasis IoT, dan website monitoring roosen untuk meningkatkan tingkat produktivitas.

Integrasi teknologi dalam budidaya tanaman mawar berdampak positif terhadap tingkat produktivitas, penjualan, dan kepuasan petani mawar.

Dalam kesempatan ini, Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, turut meyampaikan komitmen pemerintah daerah dalam mendorong dan menjembatani kreatifitas warganya.

“Pemerintah yang baik adalah pemerintah yang bisa memfasiltasi, memberi ruang inovasi para pemudanya untuk berprestasi termasuk pemuda pelopor ini,” ujar Sri Handoko.

“DNA kita adalah pemenang, karena kita lahir di tanah Anjuk Ladang, tanah kemenangan,” pungkas dia.