Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di GOR Bung Karno

Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, saat memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-79 di GOR Bung Karno Nganjuk, Sabtu 1 Juni 2024

Nganjuknews.com – Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, memimpin langsung Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-79 di GOR Bung Karno Nganjuk, Sabtu 1 Juni 2024.

Mengenakan pakaian adat, Sri Handoko membacakan amanatnya di hadapan seluruh tamu undangan yang terdiri dari Forkopimda, Kepala OPD, TNI/Polri, hingga organisasi masyarakat.

Dalam amanatnya, Sri Handoko mengatakan bahwa tema peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024 ini yakni ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’.

“Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dalam segala perbedaan suku, agama, budaya, dan Bahasa, dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri, dan berdaulat,” jelasnya.

Keberadaan Pancasila, tutur Sri Handoko, merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong.

Keberagaman yang adamerupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional ‘Bhinneka Tunggal Ika’.

Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, Sri Handoko juga mengajak seluruh masyarakat dan komponen daerah untuk membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia maupun Kabupaten Nganjuk akan dapat diatasi,” paparnya.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024, Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa, Menuju Indonesia Emas 2045,” pungkasnya.