Skip to main content

Heboh, Struktur Era Pra Majapahit Ditemukan di Ngronggot

Nganjuknews.com – Warga Desa Klurahan, Kecamatan Ngronggot, Nganjuk, geger. Gegaranya sebuah struktur bata kuno diduga peninggalan era pra Majapahit ditemukan di desa itu.

Struktur Bata Kuno, Situs, Nganjuk, Majapahit
Foto: Petugas Disparporabud Nganjuk mendata temuan struktur kuno di Desa Klurahan, Ngronggot, Nganjuk, Sabtu (12/9/2020). Doc: Disparporabud Nganjuk.

Struktur batu bata kuno itu pertama kali ditemukan warga setempat. Setalahnya kabar ditemukannya struktur bata kuno ini sampai ke telinga warga peduli cagar budaya, Burhani.

Oleh Burhani, temuan struktur kuno ini dilaporkan ke Dinas Pariwisata, Kepemudaan, Olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud) Kabupaten Nganjuk pada Sabtu (12/9/2020) lalu.

Setelah mendapat laporan, petugas Disparporabud Nganjuk meninjau lokasi, Sabtu kemarin. Kedatangan mereka untuk mendata struktur kuno yang dulunya diduga berupa talud tersebut.

“Struktur bata kuno berada di tanah pekarangan saudara Thaip,” kata Kepala Seksi Sejarah, Museum dan Kepurbakalaan Disparporabud Kabupaten Nganjuk, Amin Fuadi, Senin (14/9/2020).

“Batanya berukuran panjang 32, lebar 21-22, dan tebal 8 centimeter. Ukuran batanya seukuran dengan bata yang di Situs Sumbergayu Desa Klurahan juga,” papar Amin.

Amin menduga struktur bata kuno ini dulunya merupakan talud. Ia menduga bangunan bersejarah ini dibangun sebelum era Kerajaan Majapahit.

“Perkiraan sementara adalah dinding talud. Butuh pendalaman lagi mengingat yang terlihat baru sebagian saja. Rencana akan kami lakukan ekskavasi pendahuluan di beberapa titik,” tuturnya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->