Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cegah Penularan Covid-19, Akmil Magelang Screening Ketat Pengunjung

KabarNasional, Magelang – Sejumlah jurus dipakai Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, untuk mencegah penularan Covid-19 di lingkungan Akmil. Di antaranya dengan menscreening seluruh tamu yang berkunjung dengan ketat.

Kabar Nasional, Ubah Laku, Akmil Magelang, Jawa Tengah
Caption: Gubernur Akmil, Mayjen TNI Totok Imam Santoso (berbaju loreng TNI). Foto: Usman H/nganjuknews.com

Tugas screening tersebut dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 yang diketuai seorang Brigadir Jenderal di lingkungan Akmil. Tiap tamu yang berkunjung dicek suhu tubuhnya, diharuskan mencuci tangan dan memakai masker.

“Setiap orang yang masuk (Akmil) diperiksa, dicek suhu dengan thermo gun, kemudian cuci tangan, pakai masker,” jelas Gubernur Akmil, Mayjen TNI Totok Imam Santoso, kepada wartawan di Akmil Magelang, Selasa (3/11/2020).

Imam melanjutkan, kini pihaknya hanya membuka satu pintu yang bisa diakses masyarakat umum yang ingin bertamu ke Akmil Magelang, pintu itu berada di belakang. Sementara pintu depan diperuntukkan khusus untuk tamu VVIP.

“Kita menggunakan satu pintu saja (yang bisa diakses umum), pintu belakang. Khusus (pintu) depan kalau ada tamu VVIP, tetapi tamu umum semua dari pintu belakang. Hanya satu pintu, biar memudahkan untuk kontrol,” tuturnya. 

Selain memberlakukan satu pintu dan menerapkan screening ketat ke setiap tamu, pihak Akmil Magelang juga rutin melakukan pemeriksaan kesehatan di internal. Pemeriksaan tersebut dilakukan secara berkala rutin seminggu sekali.

“Jadi tiap seminggu sekali kontrol, tapi secara global dicek semua (anggota Akmil). Kalau memang agak yang kurang sehat dikasih vitamin. Itu aja, intinya sehat,” ujar Imam.

Selanjutnya, Imam melalui Satgas Penanganan Covid-19 juga telah memerintahkan kepada masing-masing Satker untuk membuat tempat cuci tangan di depan kantor, dan melakukan pengukuran suhu dengan thermo gun ke anggota.

Pihaknya juga memerintahkan tiap Satker untuk memasang pamflet mengenai imbauan kepada seluruh personil Akmil untuk mewaspadai bahaya Covid-19.

Reporter: Usman H