Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kasus Covid-19 di Kabupaten Magelang Melonjak, Satgas: Perketat Prokes!

KabarNasional, Magelang – Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, kembali melonjak. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang meminta masyarakat memperkatat kembali protokol kesehatan (prokes).

Kabar Nasional, Ubah Laku, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Pemkab Magelang, Magelang
Caption: Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi. Foto: Usman H/Nganjuknews.com 

“Kami minta masyarakat untuk mengetatkan kembali protokol kesehatan. Jangan menganggap remeh, karena virus ini benar-benar ada,” ujar Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi, Sabtu (14/11/2020).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, hari ini ada penambahan 109 kasus terkonfirmasi positif virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Magelang. Mayoritas 109 orang yang terpapar Covid-19 hari ini berasal dari klaster keluarga.

Sebanyak 109 orang tersebut 32 di antaranya berasal dari Muntilan, 27 dari Mungkid, 12 orang dari Salaman. Selanjutnya masing-masing delapan orang dari Kecamatan Mertoyudan dan Tempuran, lima dari Salam dan Kajoran.

Kemudian empat orang di Borobudur, dua masing-masing dari Sawangan dan Bandongan, serta satu orang dari Ngluwar, Dukun, Kaliangkrik dan Tegalrejo.

“Tambahan 109 ini(di antaranya) merupakan kontak erat (dengan pasien sebelumnya), dan 48 dari hasil swab massif,” ungkap Nanda.

Dengan tambahan kasus ini, kini jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Magelang berjumlah 1.577 orang, terdiri dari 428 dalam masa penyembuhan, 1.101 sembuh, dan 48 meninggal.

Sementara untuk memutus rantai penularan Covid-19, Nanda meminta masyarakat menaati Inpres nomor 6 tahun 2020 dan Perbub Kabupaten Magelang nomor 38 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan.

Protokol kesehatan tersebut meliputi mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak minimal satu meter, dan memakai masker. 

“Hal lainnya (seperti) mengonsumsi makanan bergizi, olahraga yang cukup, dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh,” tutup Nanda.

Reporter: Usman H