Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masih Pandemi Covid-19, Perayaan Tri Suci Waisak di Vihara Mendut Ditiadakan

Caption: Vihara Mendut di Kabupaten Magelang. Foto: Istimewa

MagelangVihara Mendut yang berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, tidak menggelar perayaan Tri Suci Waisak ke-2565 BE/2021 yang jatuh pada hari ini. Sebab, saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Sebagai gantinya, seluruh rangkaian Tri Suci Waisak akan dilaksanakan secara virtual. Termasuk khotbah Waisak dari Ketua Sangha Theravada Indonesia, Bhiku Sri Pannavro Mahatera, hari ini juga disampaikan secara virtual.

“Kita diimbau untuk tidak merayakan secara berlebihan dan tetap protokol kesehatan,” kata Sekretaris Umum Vihara Mendut Kabupaten Magelang, Wahyu Utomo, dalam rilis tertulis dari Pemkab Magelang, Rabu (26/5/2021).

Penyelenggara Bimbingan Masyarakat Budha Kanwil Kemenag Kabupaten Magelang, Saring mengatakan, ini merupakan tahun kedua tidak ada perayaan Tri Suci Waisak di Vihara Mendut dan Borobudur.

Karena masih pandemi Covid-19, Saring menyarankan perayaan Tri Suci Waisak tahun ini dilakukan secara virtual. Umat boleh menyelenggarakan perayaan di vihara, asal vihara itu berada di zona hijau dan menerapkan protokol kesehatan.

“Jemaat dari zona merah Covid-19 dilarang mengikuti perayaan di vihara,” sebutnya.

Sebagai informasi, di Kabupaten Magelang terdapat enam vihara yang berada dalam binaan Penyelenggara Bimbingan Masyarakat Buddha Kanwil Kemenag Kabupaten Magelang. 

Dua vihara berada di dekat Candi Mendut. Berikutnya ada Vihara Graha Padmasambhava Borobudur, Vihara Tri Narmada Grabag, Klenteng Hok An Kiong Muntilan, dan Vihara Padma Suci Mertoyudan. 

Editor: Usman H