Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Image

Pemudik Keluar Jateng yang Tak Bawa Surat Bebas Covid-19 akan Diswab Antigen

Caption: Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi. Foto: Humas Polda Jateng
Caption: Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi. Foto: Humas Polda Jateng

Semarang – Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Pol Ahmad Luthfi melakukan pengecekkan terhadap kesiapan anggota dalam pemeriksaan arus balik di Pos Pengamanan Gerbang Tol Kalikangkung, Minggu (16/5/21) pagi.

Dalam kunjungan itu Luthfi tak sendiri, ia turut didampingi Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar dan Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Sigit.

Luthfi mengatakan, pihaknya dalam pemeriksaan arus balik di Pos Pengamanan Gerbang Tol Kalikangkung bekerjasama dengan Satgas Covid Provinsi Jateng dan Pemerintah Kota Semarang.

Nantinya setiap pemudik yang keluar Jateng via Gerbang Tol Kalikangkung hingga 17 Mei 2021 akan diperiksa surat-surat administrasi, termasuk surat keteragan bebas Covid-19 yang menjadi syarat dibolehkannya melakukan perjalanan.

“Apabila masyarakat kita tidak dilengkapi dengan surat-surat administrasi seperti dokumen surat swab, SIKM, KTP, maka akan kita lakukan tes swab antigen di Pos Kalikangkung ini secara gratis,” jelas Luthfi dalam keterangan tertulisnya.

Nah, bagi mereka yang hasil tes swab antigennya reaktif akan langsung dirujuk ke rumah sakit terdekat. Sementara bagi yang negatif akan diberikan surat keterangan dan di kendarannya akan ditempel stiker sebagai tanda boleh melakukan perjalanan.

“Kita sudah lakukan ini. Terhitung hari ini dan kemarin sudah 7.000 yang sudah kita lakukan pemeriksaan, dan Ditlantas Polda Jawa Tengah sudah berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Metro Jaya terkait cara yang kita lakukan ini,” paparnya.

Putar Balik 11.750 Kendaraan

Luthfi menambahkan, pihaknya selama periode larangan mudik telah memutarbalikkan sebanyak 11.750 kendaraan.

“Bahkan kita sudah periksa kendaraan yang memasuki wilayah Jateng sebanyak 43.000 kendaraan, yang sudah kita periksa pada saat arus mudik,” papar Luthfi.

Dari 11.750 kendaraan yang diarahkan putar balik tersebut terdiri dari Jabar ke Jateng sebanyak 7.000 kendaraan, dari Jatim ke Jateng sebanyak 6.000 kendaraan, dan dari DIY ke Jateng sebanyak 5000 kendaraan.

“Hari ini kita tidak melakukan penyekatan terhadap kendaraan arus mudik, tetapi melakukan pemeriksaan terhadap arus balik,” pungkas Luhtfi.

Editor: Usman H