Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Image

Pesan Khofifah ke Warga Jatim: Jaga Protokol Kesehatan!

Ubah Laku

Nganjuknews.com – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa berpesan kepada masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan (Prokes) untuk meminimalisir risiko tertular Covid-19.

“Saya mohon semuanya tetap jaga protokol kesehatan,” pinta Khofifah usai meninjau vaksinasi dua ribu dosis untuk mahasiswa dan warga Malang Raya di Sasana Samantha Krida Universitas Brawijaya (UB), Sabtu (18/9/2021).

Khofifah mengatakan, saat ini pemerintah tengah berupaya membentuk herd immunity termasuk di kalangan pelajar. Oleh karenanya, kali ini dilakukan vaksinasi secara massal dengan sasaran mahasiswa dan warga sekitar UB.

“(Kami) tetap melakukan percepatan vaksinasi,” bebernya.

Dalam kesempatan itu, Khofifah memaparkan saat ini 10 kabupaten/kota di Jatim berada di level I, 26 kabupaten/kota di level II, dan dua kabupaten/kota di level II. Kendati demikian, Khofifah meminta warga agar tak lengah.

“Per tanggal 15 kemarin sudah 37 kabupaten/kota di Jawa Timur itu zona kuning, kalau zona kuning itu artinya resiko rendah, tinggal satu yang zona orange. Zona orange adalah resiko sedang, itu adalah Kota Blitar,” sebutnya.

“Kita sudah mengkoordinasikan mudah-mudahan Kota Blitar terus membaik, yang zona kuning sudah bisa menjadi zona hijau dalam seminggu terakhir, ada 21 kabupaten/kota yang angka kematian hariannya sudah nol,” lanjut dia.

Adapun kini pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di Jatim sudah mulai dilaksanakan. Sejumlah lokasi wisata juga sudah mulai dibuka secara bertahap, demikian juga dengan mal.

Walaupun sudah ada kelonggaran-kelonggaran, Khofifah mengingatkan penerapan Prokes adalah keharusan bersama.

“Tetaplah menjaga protokol kesehatan dengan ketat di seluruh lini. Nah, sekarang ini kita harus memaksimalkan vaksinasi terutama di titik-titik yang memang harus kita dorong bersama,” pungkas Khofifah.

Editor: Usman H