Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Plt Bupati Nganjuk Buka Kegiatan Pembinaan Organisasi Perempuan di Pendopo Kabupaten

Marhaen Djumadi, Pemkab Nganjuk

Nganjuk – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk mengadakan kegiatan pembinaan bagi organisasi perempuan se-Kabupaten Nganjuk di Pendopo Kabupaten, Rabu (22/9/2021).

Kegiatan itu dibuka langsung oleh Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi. Adapun tema yang diangkat yakni ‘Perempuan Berdaya, Keluarga Sejahtera’.

Dalam sambutannya, Marhaen menjelaskan, tujuan pembinaan yakni untuk mendorong partisipasi dan peran perempuan di bidang politik, pengambilan keputusan, dan peningkatan ekonomi.

Marhaen melanjutkan, prinsip utama pembangunan manusia ialah memastikan kalangan laki-laki maupun perempuan memiliki banyak pilihan dalam kehidupannya. Kesetaraan gender menjadi indikator yang tak dapat diabaikan.

Kesamaan kesempatan dan peluang, kesetaraan dalam penghargaan dan penghormatan, serta keseimbangan dalam partisipasi dan representasi, harus terefleksi pada seluruh aspek pembangunan.

“Maka dalam pembangunan berbasis gender tidak hanya laki-laki atau perempuan, tetapi semuanya,” papar Marhaen, Rabu (22/9/2021).

Menurut Marhaen, kesetaraan gender dalam konteks pembangunan adalah kesamaan kondisi. Laki-laki maupun perempuan sama-sama mampu berperan dan berpartisipasi di sektor politik, hukum, ekonomi, sosial budaya, dan lainnya.

“Kelompok gender terbagi berdasarkan jenis kelamin, umur, dan khusus seperti difabel dan minoritas lainnya. Oleh sebab itu, setiap kelompok gender memiliki fungsi, peran, dan tanggung jawab yang berbeda,” sebutnya.

Untuk diketahui, kegiatan pembinaan bagi organisasi perempuan tersebut turut mengundang berbagai organisasi perempuan di Kabupaten Nganjuk.

Di antaranya Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Dharma Wanita, Bhayangkari, Persit Kartika Chandra Kirana, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), maupun organisasi lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini seperti Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kabupaten Nganjuk, Nafhan Tohawi.

Sedangkan narasumber kegiatan yakni Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra) Pemkab Nganjuk Samsul Huda, dan Ketua HIPMI Kabupaten Nganjuk Asep Sutia.