Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Image

Plt Bupati Nganjuk Resmikan ‘Mobil Kesatria Sosial’ Inovasi Dinsos PPPA

Marhaen Djumadi, Pemkab Nganjuk

Nganjuk – Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi melaunching mobil kesatria sosial di halaman Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Nganjuk, Jumat (8/10/2021).

Peluncuran mobil kesatria sosial ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Marhaen, didampingi Ketua DPRD Nganjuk Tatit Heru Tjahjono, Sekda Mokhamad Yasin, dan Kepala Dinsos PPPA Nafhan Tohawi.

Marhaen menjelaskan, mobil kesatria sosial yang baru saja diluncurkannya itu merupakan hasil inovasi Dinsos PPPA Nganjuk untuk penanganan kalangan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

“Mobil kesatria sosial itu paling tidak untuk penanganan-penanganan mereka yang anjal, kemudian orang yang miskin misalnya tidak bisa berobat perlu penjemputan ke faskes,” kata Marhaen.

“Terus kemudian (untuk menjemput) yang orang dengan HIV AIDS (ODHA), gepeng, yang ODGJ,” lanjut politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu.

Kepala Dinsos PPPA Nganjuk, Nafhan Tohawi mengatakan, tujuan diluncurkannya mobil kesatria sosial ini yakni untuk melayani masyarakat kurang mampu yang membutuhkan akses mobilitas.

“Terutama kayak anjal, gepeng, terus ODGJ yang dipinggir-pinggir jalan, dan sebagainya,” paparnya.

Nantinya, lanjut Nafhan, mobil kesatria sosial ini akan memberikan layanan bila ada masyarakat yang melapor, atau petugas Dinsos PPPA Nganjuk berinisiatif sendiri mengevakuasi para PPKS.

“Kita bisa berinisiatif sendiri untuk mengevakuasi apalagi mungkin gepeng atau orang terlantar itu sakit. Ya ini perlu kita perhatikan,” ujarnya.

Sementara itu, Nafhan memastikan mobil kesatria sosial yang diluncurkan Dinsos PPPA ini bisa dimanfaatkan warga secara cuma-cuma alias gratis. Warga tak dikenakan biaya sepeserpun.

“Iya, mobil gratis, dan ini dikhususkan untuk penanganan PPKS, dan kita memanfaatkan dana dari APBD Kabupaten Nganjuk untuk masalah operasionalnya, meskipun ini belum sempurana,” pungkas dia.

Sebagai infomasi, turut hadir dalam peluncuran mobil kesatria sosial sejumlah pejabat OPD di Nganjuk, di antaranya Kepala Disperindag Nganjuk Haris Jatmiko, dan Ketua PMI Nganjuk Lishandoyo.