Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gencar Gelar Serbuan Vaksinasi Covid-19, Kapolresta Malang Diganjar Penghargaan

Ubah Laku

Nganjuknews.com – Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Malang, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Budi Hermanto, mendapat penghargaan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Malang belum lama ini.

Penghargaan itu diberikan karena Budi beserta jajaran di Polresta Malang dinilai gencar melakukan serbuan vaksinasi, bagian dari upaya menyukseskan progam nasional percepatan vaksinasi Covid-19.

Atas kinerja tersebut, Budi menerima penghargaan langsung dari Wali Kota Malang Sutiaji di Balai Kota, Rabu (10/11/2021).

Sutiaji menuturkan, penghargaan ini diberikan sebagai bentuk terima kasih Pemkot Malang terhadap tokoh-tokoh dan stakeholder terkait yang turut mengupayakan percepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Malang.

Adapun selain Budi, Pemkot Malang juga memberikan penghargaan serupa ke Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0833, Letnan Kolonel (Letkol) Artileri Medan (Arm) Ferdian Primadhona.

Selanjutnya penghargaan juga diberikan kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Malang I Made Rian Diana Kartika, dan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Malang.

“Pak Dandim, Kapolresta, Pak Kajari, serta Ketua DPRD adalah para tokoh yang bisa menjadi suri tauladan. Termasuk bagaimana mereka membantu Pemkot Malang dalam percepatan vaksinasi Covid-19,” kata Sutiaji.

Berbagai Inovasi Polresta Malang

Pihak Polresta Malang memang menghadirkan sejumlah inovasi untuk menyukseskan serbuan vaksinasi Covid-19. Di antaranya melalui vaksinasi drive thru dan door to door ke lansia, serta inovasi dispenser masker dan hand sanitizer.

“Kami tidak akan berhenti memberikan pelayanan kepada masyarakat Kota Malang untuk mendapatkan vaksin. Selalu bersama-sama tingkatkan herd immunity, dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar Budi

Dalam pelaksanaannya, Budi meminta jajaran Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) untuk mandata lansia yang belum disuntik vaksin Covid-19 di wilayah binaan masing-masing.

Tiap Bhabinkamtibmas diperintahkan untuk mengedukasi para lansia supaya tak takut disuntik vaksin. Dalam praktiknya, tak jarang Bhabinkamtibmas di Kota Malang mengantarkan para lansia ke lokasi vaksinasi.

Selain vaksinasi, Budi juga dikenal sebagai pribadi yang peduli dengan kedisiplinan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Oleh karenanya, ia memerintahkan jajarannya untuk tak henti-hentinya menyosialisasikan prokes secara door to door ke pemukiman warga.

Prokes Covid-19 yang disosialisakan tersebut mencangkup 5 M, yakni mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas di luar rumah.

Editor: Usman H