Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kala Polisi Edukasi Pengendara dan Sediakan Vaksinasi Covid-19 di Tempat

Ubah Laku

Nganjuknews.com – Sejumlah polisi wanita tampak berdiri di tepi jalan raya dekat Pos Polisi Balongbendo, Sidoarjo, Rabu (17/11/2021) siang. Mereka membawa poster berisi pesan imbauan buat pengendara yang melintas.

Imbauan itu berupa ajakan agar pengendara selalu tertib berlalulintas dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Selain itu, beberapa polisi lainnya tampak sibuk membagikan masker.

Dalam kegiatan tersebut, tampak pula Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro. Ia dengan sigap menghampiri pengendara untuk mengingatkan agar tertib berlalu lintas dan selalu memakai masker.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Operasi Zebra Semeru 2021 yang diadakan Polresta Sidoarjo.

Selain merazia pengendara, dalam kegiatan tersebut juga disediakan vaksinasi Covid-19 yang bisa diakses masyarakat umum. Vaksinasi tersebut berlangsung di Bus Gerai Vaksin Mobile yang disiagakan di lokasi.

Nah, bagi peserta vaksinasi yang masuk kategori lanjut usia (lansia) mendapatkan sembako dari Polresta Sidoarjo.

Salah satu peserta vaksinasi di Bus Gerai Vaksin Mobile, Abdul Kodir (50), mengaku senang dengan kegiatan yang diadakan Polresta Sidoarjo tersebut. Kendati awalnya ia deg-degan tetiba dihentikan beberapa polisi.

“Setelah saya berhenti ternyata sedang ada pemeriksaan kelengkapan berkendara, dan diimbau selalu tertib lalu lintas, serta menariknya dipersilahkan ikut vaksinasi,” kata Kodir kepada wartawan, Rabu (17/11/2021).

“Kebetulan ini belum vaksin yang kedua,” lanjut dia.

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro menjelaskan, Operasi Zebra Semeru 2021 dilaksanakan secara humanis, yakni dengan memberikan edukasi kepada para pengendara yang melintas.

“Dengan pendekatan humanis, kami edukasi untuk mematuhi keduanya (tertib berlalu lintas dan disiplin prokes). Serta kami juga menyediakan vaksinasi dan bakti sosial sembako bagi masyarakat,” tutur Kusumo.

Untuk diketahui, Operasi Zebra Semeru 2021 berlangsung tanggal 15-28 November 2021.

Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcar lantas) bagi masyarakat, khususnya para pengguna jalan.

Serta mewujudkan kedisiplinan masyarakat terhadap Prokes, sebab saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Editor: Usman H