Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kejari Nganjuk Gelar Donor Darah untuk Peringati Hari Pahlawan

Kejari Nganjuk, Donor Darah

Nganjuk – Kejaksaan Negeri (Kejari) Nganjuk mengadakan kegiatan donor darah di Empokan Adhyaksa Kantor Kejari Nganjuk, Kamis (11/11/2021) siang. Aksi donor darah ini dalam rangka memperingati hari pahlawan ke-76 tahun 2021.

Pengamatan Nganjuknews.com, kegiatan donor darah ini dihadiri jajaran jaksa struktural dan fungsional di Kejari Nganjuk. Di antaranya Kasi Perdata dan Tata Usaha Boma Wira Gumilar, Kasi Tindak Pidana Umum Roy Ardiyan Nur Cahya.

Lalu ada Kasi Intelijen Dicky Andi Firmansyah, Kasi PB3R Dedi Irawan, perwakilan Pengurus IAD Daerah Nganjuk, Kepala UDD PMI Nganjuk, Wakil Ketua PN Nganjuk, para hakim PN Nganjuk, dan perwakilan dari Bank Jawa Timur.

“Aksi donor darah dalam rangka hari pahlawan ke-76 tahun 2021 merupakan bentuk penghargaan, dan saling berbagi kepada sesama yang membutuhkan darah,” jelas Kasi Intel Kejari Nganjuk, Dicky Andi Firmansyah.

“Sehingga melalui kegiatan aksi donor darah tersebut dapat memberikan manfaat, dan diharapkan dapat membangkitkan semangat kepedulian, memperkokoh nilai-nilai kepahlawanan,” lanjut Dicky.

Dicky melanjutkan, Mental Health Foundation menyebut kegiatan donor darah dapat mengurangi stres, serta meningkatkan persepsi terhadap keadaan emosional yang meliputi kepuasan hidup dan kebahagiaan hidup.

“(Donor darah juga) baik untuk kesehatan tubuh, membantu menyingkirkan perasaan negatif, menciptakan rasa saling memiliki, dan mengurangi perasaan kesepian,” tuturnya.

Sementara itu, sebelum kegiatan donor darah dimulai, peserta yang sudah berada di Empokan Adhyaksa Kantor Kejari Nganjuk diharuskan menjalani screening.

Pada tahapan itu, petugas medis menanyakan sejumlah kriteria pengambilan donor darah, seperti tensi darah dan syarat lainnya.

Menurut Dicky, kegiatan donor darah yang digelar Kejari Nganjuk ini diikuti sebanyak 27 orang, dan diperoleh 27 kantong darah meliputi golongan darah A sebanyak 5 kantong, golongan darah B sebanyak 14 kantong.

“Untuk golongan darah O sebanyak 8 kantong, dan golongan darah AB nihil,” pungkas Dicky.