Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ratusan Warga Desa Sawahan Lengkong Ikuti Vaksinasi Covid-19

Vaksinasi Covid-19

Nganjuk – Sebanyak 392 warga Desa Sawahan, Kecamatan Lengkong, Nganjuk, dan sekitarnya mengikuti vaksinasi Covid-19 di balai desa setempat, Sabtu (27/11/2021).

Sebenarnya ada 480 warga yang hadir dalam kegiatan vaksinasi tersebut. Namun 88 orang di antaranya gagal divaksin karena tidak lolos screening medis petugas.

Sementara untuk mengamankan jalannya vaksinasi, pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Lengkong diterjunkan ke lokasi.

Salah satunya yakni Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas ) Desa Sawahan, Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda) M Nadzim.

Pengamatan Nganjuknews.com, kehadiran aparat kepolisian tersebut tak hanya memantau jalannya vaksinasi. Tapi juga aktif memberikan imbauan protokol kesehatan (Prokes) ke warga.

“Pada kesempatan itu kami juga menyempatkan diri memberikan imbauan-imbauan Kamtibmas, serta memberikan pemahaman agar warga selalu menerapkan protokol kesehatan,” jelas Nadzim.

Adapun Prokes Covid-19 yang dimaksud Nadzim yakni selalu memakai masker, rutin mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas di luar rumah.

“Hal ini (penerapan Prokes) dilakukan guna cegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” papar Nadzim.

Untuk diketahui, vaksinasi di Desa Sawahan ini dibantu petugas medis dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Lengkong.

Jumlah sasaran vaksinasi yakni sebanyak 600 orang. Akan tetapi warga yang hadir hanya 480 orang, dengan 392 orang tervaksin sementara 88 orang lainnya gagal lolos screening.

Vaksin yang dipakai adalah dosis pertama sebanyak 196 vial.

Reporter: Usman H

Editor: Hasan