Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tampilkan Tembang Sumbang Bumi Ngrajek di TMII, Marhaen: Ini Seni Budaya Khas Nganjuk

Marhaen Djumadi, Pemkab Nganjuk

NganjukPlt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, menghadiri acara pesona budaya Jawa Timur dan citra promosi potensi unggulan daerah di Anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu (7/11/2021).

Pada acara itu, Kabupaten Nganjuk berkesempatan menampilkan berbagai seni pertunjukan mulai pagelaran tari, tembang daerah, hingga ludruk.

Seluruh pertunjukan tersebut dibalut dengan tema ‘Nganjuk Sayuk Anjuk Ladang Tumbandang – Tembang Sumbang Bumi Ngrajek’.

Dalam paparannya, Marhaen berterimakasih kepada sejumlah pihak yang memberikan kesempatan kepada Kabupaten Nganjuk untuk memperkenalkan seni dan budaya khas warga Kota Angin, julukan Nganjuk.

“Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang promosi seni dan budaya khas Nganjuk, namun juga potensi lainnya seperti pariwisata dan produk UMKM unggulan Nganjuk,” kata Marhaen, Minggu (7/11/2021).

Menurut Marhaen, selain kaya seni dan budaya, Kabupaten Nganjuk juga memiliki potensi pada Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempuni.

Hal itu, kata Marhaen, terbukti dengan adanya dua pemuda dari Nganjuk Bayu Carnival yang akan unjuk gigi di Amerika Serikat dan Kanada untuk memamerkan karyanya.

Selain itu, juga ada dua orang wakil dari Kabupaten Nganjuk yang berhasil menyabet gelar pemuda pelopor di tingkat nasional.

“Kami atas nama pemerintah daerah menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya,” tutur politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut.

“Hal ini merupakan buah dari komitmen dan dukungan pemerintah daerah dalam mengembangkan bakat pemuda Nganjuk guna mewujudkan Kabupaten Nganjuk yang bermartabat dan berprestasi,” sambung dia.

Sementara itu, dalam kesempatan itu Marhaen turut menerima penghargaan dari Kepala Badan Penghubung Daerah (Bapengda) Jawa Timur, Zaenal Fanani.

Kegiatan di Anjungan Jawa Timur TMII sendiri merupakan gelaran dari Bapengda Jawa Timur.

Hadir dalam kagiatan ini Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk Tatit Heru Tjahjono, beberapa pimpinan perangkat daerah, dan kepala sekolah seluruh Kabupaten Nganjuk, serta Paguyuban Warga Nganjuk di Jakarta.