Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Plt Bupati Nganjuk Minta Pemuka Agama Perketat Prokes Covid-19 di Rumah Ibadah saat Nataru

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi

Nganjuk – Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi meminta para pemuka agama, pendeta, dan rohaniawan, memperketat penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 di rumah ibadah jelang natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru).

“Para tokoh agama dan pemuka agama, pendeta dan rohaniawan, mari bersama-sama menerapkan dan menegakkan Prokes di rumah ibadah, dan memutus rantai penyebaran Covid-19,” kata Marhaen.

Hal itu disampaikan Marhaen saat rapat koordinasi (rakor) jelang Nataru 2022 di Pendopo Kabupaten Nganjuk, Kamis (9/12/2021). Rakor ini bertujuan menciptakan situasi dan kondisi yang aman dan nyaman selama Nataru di Kota Bayu.

Dalam rakor tersebut, pria yang akrab disapa Kang Marhaen ini meminta berbagai elemen ikut menjaga keamanan dan kenyamanan selama Nataru, sambil menerapkan Prokes. Sebab, saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk, Budi Legowo menambahkan, dalam pengamanan Nataru kali ini pihaknya telah menjalin koordinasi dan kolaborasi dengan berbagai instansi terkait.

Di antaranya dengan Polres Nganjuk, Kodim 0810/Nganjuk, Satpol PP Nganjuk, Dinkes Nganjuk, maupun perangkat daerah lainnya.

“Ini untuk keamanan dan kenyamanan saat Nataru di Kabupaten Nganjuk,” tutur Budi.

Budi menjelaskan, pihaknya bersama elemen terkait di Nganjuk siap mengamankan Nataru tahun ini. Pihaknya akan mendirikan berbagai pos pelayanan maupun pos pantau yang rencananya akan didirikan di tujuh titik.

“Antara lain Pintu Tol Begadung, Simpang Empat Kertosono, dan Wilangan. Sementara pos pantaunya di Terminal Bus Anjjuk Ladang, Simpang Tiga Barong, Stasiun Nganjuk, dan di sekitar gereja di Jalan Diponegoro,” katanya.

Menurut Budi, pihak Dishub Nganjuk akan menerjunkan 89 personel untuk disiagakan di pos pelayanan maupun pos pantau tersebut.

“Kesiapan sarana dan prasarana kita kerahkan dua unit mobil patroli, tiga unit sepeda motor satgas, satu unit skylift traffic light, satu unit skylift penerangan jalan umum (PJU), 50 buah rubber cone, dan 10 water barrier,” sebutnya.

Sebagai informasi, dalam rakor tersebut juga dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Ngajuk Mokhamad Yasin, Kapolres Nganjuk AKBP Boy Jeckson Situmorang, Ketua DPRD Nganjuk Tatit Heru TJahjono.

Lalu ada Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0810/Nganjuk Mayor Inf. Samsul Hadi, Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Nganjuk Budi Legowo, perwakilan Kejari Nganjuk, Camat, Kapolsek, dan Danramil seluruh Nganjuk.

Dalam rakor ini turut dihadiri para tokoh masyarakat, tokoh dan pemuka agama, dan pendeta di Nganjuk.

Reporter: Usman H

Editor: Hasan