Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DPRD Kabupaten Nganjuk Gelar Paripurna Perdana di Tahun 2022, Bahas Laporan Hasil Reses Ketiga Tahun 2021

 

Caption: Sekda Kabupaten Nganjuk Mokhamad Yasin (kiri) menerima berkas laporan hasil reses tahap ketiga tahun 2021 dari Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Nganjuk Ulum Basthomi (kanan) saat rapat paripurna, Jumat 4 Februari 2022. Foto: Istimewa

Nganjuknews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nganjuk menggelar rapat paripurna perdana di tahun 2022.

Rapat paripurna DPRD Kabupaten Nganjuk itu dilangsungkan di Ruang Sidang Paripurna pada Jumat 4 Februari 2022 sore.

Rapat paripurna DPRD Kabupaten Nganjuk ini digelar dengan agenda penyampaian laporan hasil reses anggota dewan tahap ketiga tahun 2021.

Adapun rapat paripurna DPRD Kabupaten Nganjuk ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, Tatit Heru Tjahjono.

Selain Tatit, paripurna juga dihadiri oleh pimpinan dewan yang lain seperti Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Nganjuk Ulum Basthomi.

Sementara dari kalangan eksekutif, Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi yang berhalangan hadir diwakili Sekda Kabupaten Nganjuk Mokhamad Yasin.

Lalu juga tampak unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Nganjuk.

Tatit menjelaskan, dalam rapat paripurna ini sebanyak 50 anggota DPRD Kabupaten Nganjuk menyampaikan laporan hasil reses tahap ketiga tahun 2021 ke Pemkab Nganjuk.

“Sehingga ini laporan reses ketiga tahun 2021 yang nanti digunakan untuk penyusunan dalam perubahan anggaran keuangan tahun 2022,” kata Tatit, Jumat 4 Februari 2022.

Menurut Tatit, segenap pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Nganjuk telah menuntaskan reses ke wilayahnya masing-masing pada tahap ketiga tahun 2021.

Hasilnya, lanjut Tatit, sebagian reses telah sinkron dengan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di tingkat desa dan kecamatan.

“Sebagian lagi sesuai dengah aspirasi yang mayoritas, mayoritas itu masih (pembangunan) fisik,” ungkap politikus PDI Perjuangan tersebut.

Selanjutnya Tatit berharap ke depan reses yang dilakukan kalangan legislatif di DPRD Kabupaten Nganjuk dapat lebih sejalan dengan visi dan misi Bupati Nganjuk.

“Dalam pelaksanaannya nanti mana (program) yang menjadi prioritas di masing-masing desa (akan diprioritaskan),” bebernya.

Sekda Kabupaten Nganjuk, Mokhamad Yasin menuturkan, Pemkab Nganjuk mengapresiasi kalangan dewan yang sudah memperjuangkan kepentingan warga melalui reses.

“Intinya kami mengucapkan terima kasih dengan hasil reses yang tahap ketiga ini,” tuturnya.

Setelah ini, ujar Yasin, hasil laporan reses pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Nganjuk akan dikompilasikan dengan hasil Musrenbang di tingkat desa dan kecamatan.

“Sehingga itu akan menjadi RKPD Kabupaten Nganjuk, dalam rangka menunjang tercapaiya visi misi bupati,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam momen tersebut Yasin juga membeberkan program prioritas yang akan dilakukan Pemkab Nganjuk pada tahun 2022.

Di antara program prioritas itu berupa pembangunan fisik. Kendati demikian, Pemkab Nganjuk tidak akan mengabaikan pembangunan nonfisik di masyarakat.