Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikhtiar Jaga Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19, Pimpinan dan Anggota DPRD Nganjuk Ikuti Vaksinasi Booster

 

Caption: Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Nganjuk Ulum Basthomi. Foto: Istimewa

Nganjuknews.com – Segenap pimpinan, anggota, dan staf Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nganjuk mengikuti vaksinasi booster hari ini, Rabu (2/3/2022).

Vaksinasi booster ini dimaksudkan untuk menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus Corona terutama varian Omicron yang saat ini tengah merebak.

“Ini bagian dari upaya pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19 yang variannya Omicron,” kata Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Nganjuk, Ulum Basthomi, Rabu (2/3/2022).

Berdasarkan data yang dihimpun Nganjuknews.com, kurang lebih ada 135 dosis vaksin pertama, kedua, dan booster, yang disiapkan petugas vaksinator dari Puskesmas Nganjuk.

Sasarannya tidak hanya pimpinan dan anggota legislatif di Nganjuk, melainkan juga staf PNS dan honorer di DPRD Kabupaten Nganjuk.

Ulum menuturkan, vaksinasi booster yang diadakan DPRD Kabupaten Nganjuk memang juga menyasar staf. Tujuannya yakni menciptakan herd immunity di lingkungan dewan.

“Jadi nanti kalau pimpinan anggota DPRD-nya sehat, stafnya enggak sehat ya tetap saja. Nanti kita (divaksin) semua, seluruh staf dan karyawan, PNS maupun honorer,” tutur Ulum.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menambahkan, vaksinasi booster sejatinya tidak hanya diperuntukkan untuk kalangan dewan, melainkan juga masyarakat umum.

“Ini disasar dulu pimpinan dan anggota DPRD, dan insyaallah segera akan dilakukan kepada seluruh masyarakat, dan kemarin di beberapa tempat juga sudah dilakukan,” bebernya.

“Kami dari DPRD juga mendukung upaya pemerintah dalam rangka percepatan vaksinasi,” ujar Ulum.

Dalam kesempatan itu, Ulum turut mengimbau masyarakat Kabupaten Nganjuk agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dalam kehidupan sehari-hari.

“Termasuk membatasi kegiatan-kegiatan yang membuat kumpul-kumpul orang banyak. Karena menjaga diri kita juga termasuk menjaga orang lain,” sebutnya.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Nganjuk, Marianto menambahkan, vaksinasi booster yang diikuti kalangan dewan ini merupakan bentuk contoh bahwa vaksinasi Covid-19 aman.

Oleh karenanya, ia meminta warga tak khawatir dan risau saat mengikuti vaksinasi Covid-19 termasuk vaksinasi booster.

“Anggota DPRD itu berkewajiban memberikan contoh yang terbaik kepada masyarakat,” ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tersebut.

“Bahwa pemerintah itu menggalakkan vaksin (dosis) satu, dua, dan tiga. Otomatis kan juga harus diikuti semuanya,” sambung Marianto.

Sementara Anggota Komisi II DPRD Nganjuk, Gondo Hariyono, berharap dengan mengikuti vaksinasi booster dirinya dan segenap masyarakat bisa terhindar dari bahaya Covid-19.

“Harapan saya, ya secara pribadi saya bisa tetap sehat dengan pandemi Covid-19. Secara umum mudah-mudahan semua anggota DPRD dan masyarakat terlindungi,” papar Gondo.