Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bupati Soppeng Studi Tiru Bawang Merah, Sekda Nganjuk: Kami Bangga Bisa Jadi Contoh Daerah Lain

Sekda Nganjuk Mokhamad Yasin (tengah) mendampingi Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak (kanan) dalam kunjungan studi tiru pengembangan bawang merah di Desa Pandean, Kecamatan Gondang, Nganjuk, Sabtu (16/04/2022)

Nganjuknews.com – Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak, mengadakan studi tiru pengembangan bawang merah di Desa Pandean, Kecamatan Gondang, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Sabtu (16/4/2022).

Soppeng sendiri merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan. Bupati Soppeng berkunjung ke Nganjuk karena terkesima dengan kemajuan pertanian bawang merah di Kota Bayu, sebutan Nganjuk.

Dalam kunjungan ini Bupati Soppeng diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk, Mokhamad Yasin. Yasin berharap kunjungan Bupati Soppeng dapat memberikan manfaat untuk semua pihak.

“Semoga kunjungan ke Nganjuk ini membawa ilmu yang barokah,” kata Yasin, Sabtu (16/04/2022).

Kabupaten Nganjuk selama ini memang dikenal sebagai salah satu produsen bawang merah terbesar di Indonesia. Petani di Nganjuk juga memiliki benih bawang merah unggul dan berkualitas yang dinamai ‘Tajuk’.

“Tentu kami merasa senang dan bangga, karena kita punya potensi unggulan bisa menjadi contoh bagi daerah lain. Apalagi kita ketahui Nganjuk menjadi daerah produsen bawang merah terbesar di Indonesia,” sebutnya.

Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak, mengapresiasi atas sambutan yang diberikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk.

Bupati Soppeng menuturkan, kunjungannya ini bertujuan untuk melihat potensi tanaman bawang merah. Jika memungkinkan, maka budidaya bawang merah akan dikembangkan di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.

“Kami datang kesini untuk melihat secara langsung cara pengembangan para petani bawang merah Kabupaten Nganjuk. Terlebih menurut data yang kami terima, Kabupaten Nganjuk merupakan produsen bawang merah terbesar di Indonesia,” akunya.

Ia pun mengaku terkesima dengan pola pengembangan yang dilakukan oleh para petani bawang merah di Kabupaten Nganjuk, khususnya terkait cara penanaman, antisipasi hama, hingga cara mengatur sirkulasi air dan udara.

“Tadi kami sempat berbincang-bincang dengan petani, dan hasilnya sungguh luar biasa, sehingga (harapannya) apa yang dilakukan oleh petani di sini bisa kami adopsi,” paparnya.

Adapun dalam kunjungan Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk Judi Ernanto, Penyuluh Kabupaten Sopeng, Camat Gondang, dan para petani bawang merah di Desa Pandean Gondang.