Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Disnaker Nganjuk Buka Pelatihan Menjahit Berbasis Kompetensi, Gratis Lo!

Pelatihan menjahit berbasis kompetensi yang diadakan Disnaker Nganjuk bersama PT Prominent Abadi Sentosa Nganjuk

Nganjuknews.com – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Nganjuk resmi membuka pelatihan ketrampilan berbasis kompetensi yang diselenggarakan bersama PT Prominent Abadi Sentosa Nganjuk.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para pencari kerja di Kota Bayu, sebutan Nganjuk.

“Alhamdulillah setelah diresmikan oleh Asisten Administrasi Umum Pemkab Nganjuk pada 17 Maret lalu, kini pelatihan ketrampilan berbasis kompetensi kita selenggarakan di PT Prominent Abadi Sentosa Nganjuk yang berlangsung selama 20 hari,” jelas Kabid Penempatan Tenaga Kerja dari Disnaker Nganjuk, Marsini, Selasa (5/4/2022).

Marsini menegaskan, melalui pelatihan ini diharapkan para pencari kerja di Nganjuk kualitasnya dapat meningkat dengan dibekali keterampilan tertentu.

“Sehingga (mereka diharapkan) mendapatkan ketrampilan sebagai bekal untuk bekerja di industri atau perusahaan,” papar Marsini.

Menurut Marsini, dengan adanya pembekalan kompetensi, para pencari kerja diharapkan bisa bersaing di pasar kerja. Pembekalan kompetensi ini merupakan salah satu upaya mengatasai pengangguran terbuka di Nganjuk.

“Oleh karena itu, saya berpesan agar setelah selesai dari pelatihan ini, saudara tetap dapat meningkatkan kualitas pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang dimiliki,” bebernya.

Dalam kesempatan itu, Marsini berpesan kepada para pencari kerja agar mencari pekerjaan melalui jalur resmi seperti di Disnaker Nganjuk.

Nantinya pihak Disnaker Nganjuk akan menjembatani para putra daerah untuk mendapatkan pekerjaan.

Diikuti 48 Peserta

Adapun pelatihan ketrampilan berbasis kompetensi yang diadakan Disnaker Nganjuk ini diikuti 48 peserta. Mereka akan diberikan pelatihan menjahit berbasis kompetensi.

“Nantinya akan ada gelombang berikutnya, yang mengikuti pelatihan dengan bidang yang sama,“ ujar Marsini.

Untuk diketahui, pelatihan ketrampilan berbasis kompetensi ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Malahan para peserta mendapat fasilitas berupa pakaian, alat tulis kantor (ATK), dan perlengkapan praktik, serta uang saku dari Disnaker Nganjuk.