Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jaga Situasi Kondusif di Bulan Ramadan, Polres Nganjuk Gelar Patroli Skala Besar

Polres Nganjuk menggelar patroli skala besar secara rutin sepanjang bulan Ramadan, tujuannya untuk menjaga agar Ramadan berjalan kondusif. Foto: Humas Polres Nganjuk

Nganjuknews.com – Kapolres Nganjuk, AKBP Boy Jeckson S, menyatakan pihaknya akan menggelar patroli skala besar secara rutin sepanjang bulan Ramadan 2022. Tujuannya untuk menjaga suasana Ramadan agar tetap kondusif.

Hal tersebut disampaikan Boy Jeckson saat memimpin langsung pelaksanaan patroli pada Sabtu 2 April 2022 malam.

“Lewat patroli rutin di seluruh wilayah Kabupaten Nganjuk ini, kami ingin masyarakat bisa khusyuk menjalankan ibadah sepanjang bulan Ramadan. Tidak ada kekhawatiran karena warga tahu bahwa petugas kepolisian bertugas di sekitar mereka,” kata Boy Jeckson.

Boy Jeckson menyebut patroli skala besar di malam hari sebenarnya bukan hal yang baru dilakukan. Blue Light Patrol memang merupakan bagian dari program Boy Jeckson sejak didaulat sebagai Kapolres Nganjuk sejak November 2021.

“Membirukan langit malam Nganjuk merupakan bagian dari program harkamtibmas. Selama program berjalan, banyak pesan WhatsApp positif kami terima melalui program ‘Wayahe Lapor Kapolres’, dan ini yang mendorong kami menggelar serta terus memperbaiki pelaksanaan patroli malam, khususnya di bulan Ramadan dan hari-hari berikutnya,” tuturnya.

Dari hasil evaluasi atas program sebelumnya, Boy Jeckson memutuskan untuk menambah jumlah personel yang terlibat dalam patroli Ramadan. Begitu juga kendaraan yang digunakan, baik kendaraan roda dua maupun empat.

“Kita tambah personel TNI-Polri, dan kita libatkan polsek jajaran supaya cakupan wilayah yang bisa dijangkau patroli Ramadan bisa lebih luas lagi. Saya minta para Kapolsek melaporkan situasi riil di lapangan tiap dua jam sekali,” bebernya.

Kabagops Polres Nganjuk, Kompol Abdul Rokib mengatakan, patroli Ramadan skala besar ini akan melibatkan tidak kurang dari 300 personel gabungan TNI-Polri dan Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk.

Sasarannya yakni wilayah 20 polsek jajaran di Polres Nganjuk.

Dalam patroli Ramadan ini, kata Abdul Rokib, didukung dengan 50 buah kendaraan roda dua, 25 mobil patrol backbone, dan 1 truk Dalmas milik Polres dan Polsek jajaran.

“Kami menempatkan personel gabungan untuk mengamankan masjid-masjid yang sedang melaksanakan ibadah tarawih, juga di tempat-tempat yang kami anggap perlu,” pungkas dia.