Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Disporabudpar Nganjuk Uji Coba Paralayang di Desa Losari, Terobosan Buat Destinasi Wisata Baru

Kegiatan uji coba paralayang yang diadakan Disporabudpar Kabupaten Nganjuk di Desa Losari, Kecamatan Gondang, Jumat 1 April 2022. Foto: Istimewa

Nganjuknews.com – Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Nganjuk mengadakan uji coba paralayang di Desa Losari, Kecamatan Gondang, Jumat 1 April 2022.

Kepala Disporabudpar Nganjuk, Gunawan Widagdo menjelaskan, uji coba paralayang di Desa Losari ini merupakan terobosan yang dilakukannya untuk membuat destinasi wisata baru di Kota Bayu, sebutan Nganjuk.

“(Tujuannya untuk) memperkaya khasanah wisata olahraga di Nganjuk melalui wisata paralayang,” ujar Gunawan usai menyaksikan tiga atlet paralayang Jawa Timur sukses terbang di langit Desa Losari, Jumat 1 April 2022.

Selain untuk menciptakan destinasi wisata baru, kata Gunawan, uji coba paralayang ini sekaligus untuk memperingati HUT ke-1085 Nganjuk yang jatuh pada 10 April mendatang.

Desa Losari Dinilai Strategis

Gunawan melanjutkan, pihaknya memang sengaja memilih Desa Losari, Kecamatan Gondang, sebagai lokasi uji coba paralayang.

Sebab, di Kecamatan Gondang terdapat Kawasan Industri Nganjuk (KING) dan letaknya sangat strategis.

Dengan karakteristik wilayah Kecamatan Gondang, Gunawan yakin uji coba paralayang ini akan menarik minat wisatawan termasuk pekerja industri.

“Dukungan dari Plt Bupati, Forkopimda, OPD, dan masyarakat Nganjuk sangat penting untuk menyukseskan ini,” ungkapnya.

Kegiatan uji coba paralayang yang diadakan Disporabudpar Kabupaten Nganjuk di Desa Losari, Kecamatan Gondang, Jumat 1 April 2022. Foto: Istimewa

Ketua Tim Paralayang Jatim, Arifin menuturkan, kegiatan uji coba paralayang di langit Desa Losari berjalan sukses.

Dari hasil tiga kali uji coba, semua atlet bisa terbang dan mendarat dengan sempurna.

“Sukses, tinggal nanti menyiapkan akses jalan, sarana prasarana, dan SDM-nya saja,” sebutnya.

Arifin pun menaruh harapan tinggi olahraga dirgantara khususnya paralayang bisa berkembang di Nganjuk.

“(Sehingga) dapat melahirkan atlet-atlet (paralayang) Nganjuk,” ujarnya.

Kepala Desa Losari, Mungin menambahkan, pihaknya menaruh harapan besar destinasi wisata paralayang dapat terbentuk di desanya, dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Kami sangat senang dan mendukung penuh. Harapan kami, wisata rintisan ini bisa berlanjut dan berkelanjutan,” harap Mungin.

“Semoga dengan adanya paralayang, ada peningkatan pemasukan ekonomi desa,” lanjut dia.