Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kang Marhaen Tandatangani MoU Implementasi Gerakan Menuju Smart City

Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi menekan MoU tentang Implementasi Gerakan Menuju Smart City di Pendopo KRT Sosrokoesoemo, Kamis (21/04/2022)

Nganjuknews.com – Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, menandatangani nota kesepakatan atau MoU tentang Implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) di Pendopo KRT Sosrokoesoemo, Kamis (21/04/2022).

Kerja sama ini terjalin antara Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk yang dilaksanakan secara virtual.

Kegiatan yang berlangsung via zoom meeting tersebut dibuka langsung oleh Menkominfo Jhony G Plate, didampingi Dirjen Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan.

Dalam paparannya, Johnny G Plate menuturkan, penandatanganan kerja sama ini merupakan titik tolak perluasan inisiasi Smart City untuk pengembangan sektor pemerintahan digital di Indonesia.

“Tahun ini kami melanjutkan inisiasi Gerakan Menuju Smart City tersebut dengan memperluas pendampingan pengembangan Kota Cerdas di 50 Kabupaten/Kota se-Indonesia. Artinya sampai tahun 2022 total ada 191 Kabupaten/Kota yang tergabung dalam Gerakan Menuju Smart City Indonesia,” jelas Johnny G Plate.

Menurut Johnny G Plate, program ini bertumpu pada enam pilar utama Smart City yakni Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society, dan Smart Environment.

Adapun tujuan implementasi Smart City ini yakni untuk mendorong kemudahan layanan publik, dan mendukung pembangunan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Nganjuk.

“Gerakan Menuju Smart City hadir untuk memberikan panduan bagi pemerintah daerah dalam mengoptimalisasikan penggunaan teknologi, untuk meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat,” papar Johnny G Plate.

“Digitalisasi akan mempercepat proses, mengefisiensikan pekerjaan, dan memaksimalkan layanan, yang berujung pada meningkatnya kepuasan masyarakat akan pelayanan pemerintah,” lanjut dia.

“Kesuksesan Gerakan Menuju Smart City ini amat bergantung pada kolaborasi, dan sinergi yang dilakukan antar institusi pemerintah yang ada di dalamnya, baik itu instansi pemerintah di pusat maupun di daerah,” Johnny G Plate menambahkan.

Kang Marhaen, sapaan akrab Marhaen Djumadi, mengaku bersyukur telah melaksanakan penandatanganan MoU Smart City.

“Alhamdulillah hari ini kita melaksanalan penandatanganan MoU dengan Kementrian Kominfo, yang isinya adalah Gerakan Menuju Smart city,” kata Kang Marhaen.