Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemkab Nganjuk Luncurkan Program Digitalisasi Daerah dan Canangkan ASN Pelopor Pajak

Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi (memakai ikat kepala merah) dan stakeholder terkait saat meluncurkan program digitalisasi daerah dan pencanangan ASN pelopor pajak di Alun-alun Nganjuk, Jumat 1 April 2022. Doc: Humas dan Protokol Pemkab Nganjuk

Nganjuknews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk bekerja sama dengan Bank Jatim meluncurkan program digitalisasi daerah melalui aplikasi JConnect Mobile untuk pelaksanaan Elektronifikasi Transaksi Pembayaran Daerah (ETPD).

Melalui program digitalisasi daerah ini, diharapkan ke depannya setiap transaksi pembayaran seperti transaksi E-Wallet, pembelanjaan online, serta pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dapat menggunakan JConnect Mobile atau dengan Barcode QRis.

Dalam cara ini, ASN di Kabupaten Nganjuk diharapkan dapat menjadi pelopor pajak.

Alhamdulillah hari ini kita launching program pemerintah daerah, yakni digitalisasi daerah dan pencanangan ASN pelopor pajak,” jelas Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, saat membuka kegiatan di Alun-alun Nganjuk, Jumat 1 April 2022.

Adapun pada launching program digitalisasi daerah ini turut ditandatangani perjanjian kerja sama antara Bapenda Nganjuk dengan Bank Jatim, tentang penyediaan layanan perbankan dalam rangka penerimaan pembayaran pajak daerah Pemkab Nganjuk.

Menurut Kang Marhaen, demikian sapaan akrab Marhaen Djumadi, program digitalisasi daerah ini menjadi komitmen Pemkab Nganjuk dalam membangun pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan terhindar dari potensi penyimpangan.

“Karena ini berkaitan dengan pengelolaan keuangan daerah,” tegasnya.

Sebagaimana dikeahui, pajak merupakan salah satu sumber pemasukan pendapatan daerah. Oleh karena itu, Pemkab Nganjuk terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan di bidang pajak, termasuk mencanangkan ASN sebagai pelopor pajak.

Sementara di antara upaya peningkatan pelayanan di bidang pajak salah satunya yakni dengan diluncurkannya program digitalisasi daerah.

“Yakni (bertujuan untuk) memudahkan pelayanan pemerintah di bidang digitalisasi pendapatan, dan belanja dalam memberi pemanfaatan kepada masyarakat,” tutur Kang Marhaen.

Direktur Konsumen Ritel dan Usaha Syariah Bank Jatim, Arief Wicaksono, mengapresiasi dan berterima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan Pemkab Nganjuk untuk membantu pembangunan di Kota Angin.

“Salah satunya yakni pada launching pembayaran pajak pada pagi hari ini. Ini merupakan salah satu bentuk dukungan kita kepada Pemkab Nganjuk,” sebutnya.

Launching program pemerintah daerah dan pencanangan ASN pelopor pajak di Alun-alun Nganjuk ini turut dihadiri sejumlah pejabat terkait.

Di antaranya ada Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kediri Bambang Supriyanto, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kediri Moch Choirur Rofiq, Pemimpin Cabang (Pinca) Bank Jatim Cabang Nganjuk Teguh Sunyoto.

Lalu hadir Kepala Bapenda Kabupaten Nganjuk Nur Solekan, dan sejumlah Kepala OPD Pemkab Nganjuk lainnya.