Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peringati Hari Lanjut Usia Nasional, Kang Marhaen: Lansia Harus Tetap Sehat, Bugar dan Produktif!

Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi saat memberikan arahan dalam kegiatan puncak peringatan HLUN 2022 di Balai Desa Kurungrejo, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk, Kamis 2 Juni 2022

Nganjuknews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk mengadakan puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2022 di Balai Desa Kurungrejo, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk, Kamis 2 Juni 2022.

Puncak peringatan HLUN di Desa Kurungrejo sendiri diisi dengan berbagai kegiatan. Salah satunya yakni pelaksanaan vaksininasi bagi lansia, serta pemeriksaan kesehatan khusus bagi lansia di Wilayah Kecamatan Prambon, Nganjuk.

Dalam paparannya, Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi berharap momen usia lanjut atau lansia tidak menghalangi masyarakat untuk tetap berkarya dan beraktivitas. Marhaen menyebut lansia masih golden age yang produktif.

“Di usia lanjut pun para lansia harus tetap sehat, bugar, dan produktif. Ini penting agar mindset lansia selalu aktif, dengan kegiatan kegiatan yang positif,” kata Kang Marhaen, sapaan akrab Marhaen Djumadi.

Kang Marhaen lantas mencontohkan sejumlah lansia yang masih produktif, bahkan lansia tersebut menjadi pemimpin di negaranya. Lansia yang dimaksud Kang Marhaen di antaranya ialah Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Banyak contoh-contoh usia lanjut justru tambah produktif. Terbukti banyak pejabat atau pemimpin negara yang telah mencapai usia lanjut dalam kepemimpinannya. Namun tidak menghalanginya tetap produktif memimpin negaranya,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Kang Marhaen turut mengajak masyarakat Nganjuk untuk mengubah pola pikir bahwa lansia sebenarnya tidak membatasi produktifitas. Dengan pola pikir demikian, alam bawah sadar akan termotivasi untuk tetap produktif.

“Ayo rebranding memaknai kata lansia, bahwa lanjut usia tidak identik dengan usia pensiun. Maka dari itu local wisdom usia enam puluh ke atas adalah usia produktif atau golden age,” beber Kang Marhaen.