Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Plt Bupati Nganjuk Dorong Produk UMKM Masuk e-Katalog

Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi (batik merah) menunjukkan salah satu produk UMKM Nganjuk, Kamis (23/6/2022). Marhaen berharap produk-produk UMKM Nganjuk bisa masuk e-katalog

Nganjuknews.com – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, mendorong seluruh produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Nganjuk masuk dalam e-katalog lokal Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP).

Menurut Kang Marhaen, sapaan akrab Marhaen Djumadi, dengan produk masuk e-katalog maka unit usaha UMKM diharapkan semakin berkembang dan maju. Apalagi wacana masuk e-katalog ini sejalan dengan Gerakan Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

“Sehingga para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah bisa ikut mengakses dana-dana dari pemerintah. Empat puluh persen dari APBD Nganjuk harus terserap oleh e-katalog lokal,” jelas Kang Marhaen saat membuka acara Ngopi Bareng UMKM Nganjuk di Pendopo KRT Sosrokoesoemo, Kamis (23/6/2022).

Kang Marhaen melanjutkan, Pemkab Nganjuk melalui dinas terkait akan memfasilitasi pembuatan e-katalog lokal bagi UMKM Nganjuk. Untuk itu, pihaknya mendorong dan mengajak para pelaku usaha UMKM untuk segera masuk di e-katalog lokal.

“Sehingga kebutuhan barang Pemerintah Kabupaten Nganjuk yang dianggarkan dalam APBD bisa untuk belanja prodak lokal UMKM Nganjuk yang sudah masuk dalam e-katalog,” bebernya.

Dengan semakin banyaknya produk lokal yang masuk ke dalam e-katalog, Kang Marhaen berharap akan dapat menggerakkan perekonomian masyarakat Nganjuk, terutama untuk mendukung produk UMKM asli Kota Bayu, sebutan Kabupaten Nganjuk.

“Usaha Mikro Kecil Menengah termasuk di dalamnya koperasi bisa ikut menikmati APBD Nganjuk,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Kang Marhaen juga menyampaikan pentingnya membangun kepuasan konsumen atau pembeli produk UMKM.

“Menerapkan konsep marketing bukan sekadar selling. Marketing goalnya adalah kepuasan pembeli, pelanggan dan konsumen,” tutur Kang Marhaen.

Untuk diketahui, acara Ngopi Bareng UMKM Nganjuk di Pendopo KRT Sosrokoesoemo juga dihadiri oleh Sekda Kabupaten Nganjuk, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Nganjuk, dan perwakilan UMKM se-Kabupaten Nganjuk.

Di akhir acara, Kang Marhaen turut menyerahkan bantuan BPJS Ketenagakerjaan berupa santunan Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), dan Beasiswa kepada ahli waris.