Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini 7 Perintah Harian Jaksa Agung yang Dibacakan Kajari Nophy di Puncak Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-62

Kajari Nganjuk, Nophy Tennophero Suoth, membacakan amanat Jaksa Agung RI dalam upacara di halaman Kantor Kejari Nganjuk, Jumat 22 Juli 2022

Nganjuknews.com – Puncak Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-62 tahun 2022 di Kabupaten Nganjuk dilaksanakan dengan upacara di halaman Kantor Kejaksaaan Negeri (Kejari) Nganjuk, Jumat 22 Juli 2022.

Dalam upacara ini, Kepala Kejaksaaan Negeri (Kajari) Nganjuk, Nophy Tennophero Suoth, bertindak sebagai inspektur upacara.

Adapun kegiatan upacara ini diikuti oleh para Kasi, Kasubagbin, dan seluruh pegawai Kejari Nganjuk, serta diikuti oleh ketua dan jajaran pengurus IAD Daerah Nganjuk.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Nophy membacakan Amanat Jaksa Agung RI yang menyampaikan tujuh perintah harian untuk diperhatikan dan dilaksanakan segenap jajaran Korps Adhyaksa.

Di antaranya, Jaksa Agung RI meminta seluruh jajaran keluarga besar Adhyaksa di manapun dapat meningkatkan kapabilitas, kapasitas, dan integritas dalam mengemban kewenangan berdasarkan undang-undang.

“Kedepankan hati nurani dalam setiap pelaksanaan tugas, fungsi, dan kewenangan,” demikian amanat Jaksa Agung RI yang dibacakan oleh Nophy, Jumat 22 Juli 2022.

Selanjutnya, perlu mewujudkan penegakan hukum yang berorientasi pada perlindungan hak dasar manusia, dan segenap Korps Adhyaksa diminta meningkatkan penanganan perkara yang menyangkut kepentingan masyarakat.

“Akselerasi penegakan hukum yang mendukung pemulihan ekonomi nasional. Jaga netralitas aparatur kejaksaan guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Tingkatkan transparansi akuntabilitas kinerja kejaksaan,” pesan Jaksa Agung RI.

Lebih rinci, berikut ketujuh Perintah Harian Jaksa Agung RI yang dibacakan Kajari Nophy:

1. Tingkatkan kapabilitas, kapasitas, dan integritas dalam mengemban kewenangan berdasarkan undang-undang

2. Kedepankan hati nurani dalam setiap pelaksanaan tugas, fungsi, dan kewenangan

3. Wujudkan penegakan hukum yang berorientasi pada perlindungan hak dasar manusia

4. Tingkatkan penanganan perkara yang menyangkut kepentingan masyarakat

5. Akselerasi penegakan hukum yang mendukung pemulihan ekonomi nasional

6. Jaga netralitas aparatur kejaksaan guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa

7. Tingkatkan transparansi akuntabilitas kinerja kejaksaan

Sementara dalam kesempatan tersebut, Kajari Nophy menyematkan tanda kehormatan Satya Lancana, tanda pangkat, dan piagam penghargaan kepada pegawai teladan di lingkungan Kejari Nganjuk.

Selain itu, Kajari Nophy juga menandatangani prasasti Wilayah Bebas dari Korupsi ‘Bebarengan Nggawe Owah-Owahan ingkang SAE’.

Seusai upacara, juga dilaksanakan penyerahan hadiah kepada pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat SMP sederajat dan SMA sederajat se-Kabupaten Nganjuk, sebagai rangkaian kegiatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-62.

“Terima kasih kepada seluruh peserta (Lomba Karya Tulis Ilmiah) atas partisipasinya dalam memeriahkan peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, dan selamat kepada para pemenang,” ujar Nophy.

Setelahnya diadakan tasyakuran pemotongan kue dan tumpeng di Aula Kejari Nganjuk, yang dihadiri oleh segenap keluarga besar Kejari Nganjuk.