Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kembangkan UMKM Jamu di Desa Kenep Nganjuk, Mahasiswa KKN-T 8 UTM Sosialisasikan Teknik Pemasaran dan Pengemasan

Mahasiswa KKN-T 8 UTM foto bersama dengan warga usai kegiatan Sosialisasi Pengembangan UMKM Jamu di Balai Desa Kenep, Senin 27 Juni 2022

Nganjuknews.com – Jamu merupakan salah satu obat atau minuman tradisional khas Indonesia.

Rupa-rupanya, jamu sudah menjadi salah satu ikon di Desa Kenep, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Sebab, sebagian besar warga Desa Kenep meraup penghasilan dari berjualan jamu.

Akan tetapi, para pedagang jamu di Desa Kenep masih kurang maksimal dalam memasarkan produk jamu mereka.

Mayoritas penjual jamu di Desa Kenep masih minim akan pengetahuan teknologi pemasaran. Rata-rata, penjualan jamu masih berkutat di sekitar desa atau desa seberang.

Maka dari itu, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) 8 Universitas Trunojoyo Madura (UTM) mengadakan Sosialisasi Pengembangan UMKM Jamu, Senin 27 Juni 2022.

Kegiatan sosialisasi yang berlangsung di Balai Desa Kenep tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada penjual jamu.

Di antaranya pemasaran secara online, pembuatan logo pribadi, dan pengemasan secara kekinian dengan mengundang entrepreneur di Nganjuk yakni Mbok Yati.

Ketua pelaksana Sosialisasi Pengembangan UMKM Jamu, Ely Umaroh mengatakan, jika dioptimalkan maka jamu dapat menjadi motor ekonomi di Desa Kenep.

“Potensi yang ada di Desa Kenep khususnya di UMKM jamu ini dapat membuat kemajuan tersendiri, dengan memberikan pengetahuan baru kepada para pedagang jamu, dan diharapkan dapat diterapkan dipenjualan jamu ke depannya,” jelas Ely.

Antusias para pedagang jamu pun sangat terlihat dari banyaknya warga yang datang saat kegiatan sosialisasi berlangsung.

Penulis: Revina Berliyanti dan Alifia Bella Winanda

*Artikel ini merupakan naskah yang dikirim Kelompok 8 Pengabdian Masyarakat UTM. Redaksi Nganjuknews.com tidak bertanggung jawab atas isi konten artikel ini.

NB: Redaksi Nganjuknews.com menerima kiriman naskah berita kegiatan dari komunitas, organisasi kepemudaan, sosial, dan kemasyarakatan di Nganjuk. Lengkapi naskah Anda dengan biodata diri dan foto-foto kegiatan