Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peringati HBA ke-62 dan HUT ke-22 IAD, Kejari Nganjuk Gelar Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Kajari Nganjuk Nophy Tennophero Suoth mengikuti kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan dalam rangka HBA ke-62 dan HUT ke-22 IAD, Kamis 7 Juli 2022

Nganjuknews.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Nganjuk mengadakan kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-62 dan HUT ke-22 Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD), Kamis 7 Juli 2022 pagi.

Kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan tersebut merupakan hasil kerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Nganjuk.

Adapun donor darah dan pemeriksaan kesehatan ini merupakan kegiatan tahunan yang selalu dilaksanakan oleh Kejari Nganjuk dalam rangka memperingati HBA dan HUT IAD.

“Kegiatan donor darah diharapkan dapat menjadi sumbangsih, khususnya untuk warga Kabupaten Nganjuk dengan berbagi darah kepada yang membutuhkan,” jelas Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Nganjuk, Nophy Tennophero Suoth.

“Serta dengan dilakukannya pemeriksaan kesehatan kepada pegawai diharapkan dapat menjadi deteksi dini masalah kesehatan atau penyakit yang mungkin diderita. Selain itu, perencanaan metode pengobatan serta penanganan yang tepat bisa langsung dilakukan dan penyakit tidak berkembang menjadi lebih parah,” lanjut Nophy.

Selain Nophy, kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan ini juga diikuti Ketua IAD Daerah Nganjuk Ny Juwita Nophy Suoth beserta anggota IAD.

Lalu juga para Kasi, seluruh pegawai, keluarga pegawai, Ketua Pengadilan Negeri Nganjuk Chitta Cahyaningtyas dan jajaran, dan perwakilan dari Bank Mandiri Kabupaten Nganjuk.

Sebelum dilakukan donor darah, para peserta registrasi terlebih dahulu untuk dilakukan screening, pengukuran tekanan darah, pengukuran hemoglobin, dan dites golongan darahnya.

Setelah dinyatakan dapat mengikuti donor darah oleh dokter, maka pendonor akan diambil darahnya oleh petugas transfusi sebanyak satu kantong darah.

Nophy melanjutkan, dalam kegiatan ini juga turut diadakan akupresur.

Akupresur memang memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan sirkulasi darah, merangsang sistem saraf, serta membuat tubuh menjadi rileks.

Diharapkan akupresur ini dapat berguna bagi para pegawai Kejari Nganjuk di tengah-tengah kesibukannya dalam bekerja setiap harinya.

Sementara dalam kegiatan donor darah ini, Unit Transfusi Darah (UDD) PMI Kabupaten Nganjuk berhasil mengumpulkan sebanyak 23 kantong darah masing-masing 350cc.