Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sobo Kampung, Dinkop UM Nganjuk Sosialisasikan Peraturan Perundang-undangan Cukai ke Warga Ngluyu

Kegiatan sosialisasi peraturan perundang-undangan bidang cukai di Kecamatan Ngluyu pada 13-14 Juli 2022

Nganjuknews.com – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Dinkop UM) Kabupaten Nganjuk mengadakan sosialisasi peraturan perundang-undangan bidang cukai di Kecamatan Ngluyu pada 13-14 Juli 2022.

Selain di Kecamatan Ngluyu, kegiatan sosialisasi bertajuk ‘Sobo Kampung’ ini juga menyasar masyarakat dari kecamatan lainnya di Kabupaten Nganjuk, seperti Kecamatan Gondang, Jatikalen, dan Lengkong.

Adapun kegiatan sosialisasi ini terlaksana berkat sinergi antara Dinkop UM Kabupaten Nganjuk dengan Kantor Bea Cukai Kediri.

“Sosialisasi yang bertajuk ‘Sobo Kampung’ ini merupakan bentuk keseriusan Bea Cukai Kediri, dalam upaya Gempur Rokok Ilegal di wilayah pengawasan KPPBC TMC Kediri,” demikian bunyi keterangan tertulis yang diterima Nganjuknews.com.

Kegiatan sosialisasi peraturan perundang-undangan bidang cukai ini diharapkan dapat menekan peredaran rokok ilegal di wilayah Kabupaten Nganjuk.

Selain menyosialisasikan mengenai rokok ilegal, dalam kegiatan ini juga disampaikan informasi lainnya seperti prosedur barang kiriman dari luar negeri, pendaftaran IMEI, dan penipuan mengatasnamakan Bea Cukai.

“Bea Cukai Kediri berharap informasi terkait peraturan dan prosedur dapat selalu tersampaikan kepada masyarakat, sehingga mereka tidak lagi terkena penipuan terkait prosedur di Bea Cukai,” demikian bunyi rilis tersebut.

Sementara dalam keterangannya, Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana menjelaskan, sepanjang bulan Juli 2022 Kantor Bea Cukai Kediri memang melaksanakan sosialisasi ‘Sobo Kampung’.

Kegiatan sosialisasi ‘Sobo Kampung’ ini, kata Hatta, menyasar daerah-daerah perdesaan, salah satunya di Kecamatan Ngluyu.

“Kami berharap dengan adanya sosialisasi ketentuan di bidang cukai di berbagai wilayah dapat menekan peredaran rokok ilegal, sehingga penerimaan negara dapat optimal,” harap Hatta.