Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sosialisasikan Pembayaran Nontunai, Kang Marhaen Gelar Tour Digitalisasi Pasar Tradisional

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, saat memantau penerapan pembayaran nontunai dalam melalui kegiatan tour digitalisasi pasar tradisional, Selasa 20 September 2022

Nganjuknews.com – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, mengadakan tour digitalisasi pasar tradisional, Selasa 20 September 2022.

Dengan menaiki vespa, pria yang akrab disapa Kang Marhaen ini berkeliling ke tiga pasar tradisional di Kabupaten Nganjuk, yakni ke Pasar Berbek, Pace, dan Warujayeng.

Adapun tour digitalisasi pasar tradisional yang dilakukan Kang Marhaen ini dalam rangka mendukung proses pembayaran nontunai melalui Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS).

Untuk diketahui, QRIS merupakan penyatuan sejumlah QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code.

QRIS digunakan agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan aman.

Dalam pemantauan ini, Kang Marhaen mengakui banyak pedagang dan masyarakat yang belum terbiasa dengan pembayaran nontunai.

“Memang kelihatannya masyarakat belum terbiasa, namun tetap harus dijalankan, pelan-pelan tidak apa-apa,” ujar Kang Marhaen, Selasa 20 September 2022.

Selain bertujuan untuk menyosialisasikan pembayaran nontunai, kunjungan Kang Marhaen ke sejumlah pasar tradisional ini juga untuk memastikan kondisi pedagang usai kenaikan harga BBM.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu ingin memastikan apakah para pedagang mengalami penurunan omzet atau tidak pascakenaikan harga BBM.

Berikutnya, Kang Marhaen ingin mengimbau langsung masyarakat yang memperoleh bantuan agar dana yang didapat dibelanjakan di pasar.

Lalu dengan berkeliling ke sejumlah pasar tradisional, Kang Marhaen juga ingin memantau perkembangan infrastruktur dari masing-masing pasar, termasuk progres revitalisasi pasar.