Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DLH Nganjuk Gelar Lomba Jalan-gang Terbaik dan RT Cantik, Berikut Desa dan Kelurahan yang Jadi Pemenang

Camat Sawahan Sukirno (kanan) mewakili Desa Bareng menerima penghargaan setelah menyabet juara 1 lomba jalan/gang terbaik se-Kabupaten Nganjuk di Gedung Wanita Nganjuk, Rabu (30/11/2022) malam

Nganjuknews.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Nganjuk mengadakan lomba jalan/gang terbaik dan RT cantik. Kegiatan ini bertujuan untuk memerangi sampah dan mempercantik lingkungan sekitar.

Hasilnya, Desa Bareng di Kecamatan Sawahan dinobatkan menjadi juara satu lomba jalan/gang terbaik. Berikutnya Kelurahan Ringinanom di Kecamatan Nganjuk menyabet juara 1 RT cantik se-Kabupaten Nganjuk.

Prosesi penyerahan hadiah ke Desa Bareng dan Kelurahan Ringinanom ini berlangsung pada ‘Malam Penganugerahan BISA (Bersih, Indah, Sehat, Asri) bersama Plt Bupati Nganjuk’ di Gedung Wanita, Rabu 30 November 2022.

Kepala DLH Kabupaten Nganjuk, Subani menjelaskan, kegiatan lomba jalan/gang terbaik dan RT cantik ini merupakan salah satu inovasinya dalam upaya memerangi sampah dan mempercantik lingkungan di Nganjuk.

“DLH ingin menciptakan Nganjuk itu bersih, indah, sehat, dan asri. Karena apa? Sebelumnya memang kita melihat bahwa di sana sini masih banyak orang membuang sampah sembarangan, keindahannya kurang,” tutur Subani.

Subani melanjutkan, untuk kegiatan lomba RT cantik diikuti oleh 20 kelurahan di Kabupaten Nganjuk. Sedangkan lomba jalan/gang terbaik diikuti oleh 40 pesera dari 20 kecamatan se-Kabupaten Nganjuk.

Penilaian kedua lomba ini berlangsung sejak tanggal 21 hingga 25 November 2022.

“Yang dinilai banyak sekali, hampir ada sepuluh kriteria, salah satunya masalah pengelolaan sampah, masalah kerindangannya, masalah apotek hidupnya, masalah pesan-pesan moralnya, grafitinya itu juga dinilia,” papar Subani.

Sementara atas capaian ini, Desa Bareng yang menyabet juara satu lomba jalan/gang terbaik mendapat uang pembinaan sebesar Rp8 juta. Untuk Kelurahan Ringinanom yang menjadi juara 1 RT cantik mendapat Rp6,5 juta.

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, menyebut kegiatan lomba yang diinisiasi DLH Kabupaten Nganjuk ini merupakan salah satu cara pemerintah dalam mengedukasi warga agar cinta terhadap lingkungannya.

“Lomba ini juga untuk menjadikan bahwa kita hidup di Nganjuk itu bahagia. Bahagia bagaimana? Kita bisa melihat lingkungan kita yang BISA, bersih, indah, sehat, dan asri,” jelas Kang Marhaen sapaan akrab Marhaen Djumadi.

“Sehingga hidupnya happy di Nganjuk, lingkungannya sehat. Maka kesejahteraan insyaallah juga akan menjadi bagus,” lanjut dia.