Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kabar Gembira! Pembangunan Jembatan Juwet Kini Capai 83 Persen, Dipastikan Kelar Bulan Ini

Warga melintas di Jembatan Juwet yang pengerjaannya belum sepenuhnya rampung, Rabu (2/11/2022). Progres pembangunan Jembatan Juwet kini telah mencapai 83,56 persen, dan dipastikan kelar bulan ini

Nganjuknews.com – Kabar gembira untuk masyarakat Desa Juwet, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, dan sekitarnya.

Jembatan Juwet yang merupakan penghubung utama Desa Juwet dengan Desa Tanjungtani di Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk, kini pembangunannya hampir kelar.

Pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Nganjuk menyebut progres pembangunan proyek ‘Pelebaran Jembatan dan Jalan Raya’ di RT 08, RW 01, Desa Juwet, itu kini telah mencapai 83,56 persen.

“Progres sampai dengan minggu ini 83,56 persen,” jelas Kepala Dinas PUPR Kabupaten Nganjuk Gunawan Widagdo melalui Pejabat Fungsional Teknik Jalan dan Jembatan Esthi Lestari, Rabu (2/11/2022).

Untuk diketahui, pembangunan Jembatan Juwet ini dikerjakan oleh CV Riyas Raya Construction, yang beralamat di JL KH Ahmad Dahlan GG Buntu No 202 Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Nilai SPK proyek ‘Pelebaran Jembatan dan Jalan Raya’ ini yakni sebesar Rp672.532.000, dari pagu anggaran Rp840.665.000.

Proyek Jembatan Juwet ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Nganjuk tahun 2022.

Berdasarkan waktu pelaksanaan pengerjaan, pembangunan Jembatan Juwet ditarget rampung pertengahan bulan November 2022 ini.

“Jangka waktu pelaksanaan sampai dengan tanggal 15 November 2022,” papar Gunawan.

Perlancar Akses Warga

Gunawan menuturkan, proyek ‘Pelebaran Jembatan dan Jalan Raya’ di RT 08, RW 01, Desa Juwet tersebut dilatarbelakangi kondisi jembatan lama yang lebarnya terlalu sempit hanya 4,5 meter.

Selain itu, terdapat pilar yang berada persis di tengah jembatan lama. Padahal di bawah jembatan ada saluran irigasi.

“Pelebaran ini karena lebar jembatan lama yang sempit, dan ada pilar tengahnya,” bebernya.

Dimensi Jembatan Juwet yang lama memiliki panjang 7,5 meter dengan cuma lebar 4,5 meter. Padahal jembatan ini merupakan penghubung utama dua desa, yakni Desa Juwet di Kecamatan Ngronggot dengan Desa Tanjungtani di Kecamatan Prambon.

Dengan adanya proyek ‘Pelebaran Jembatan dan Jalan Raya’ yang saat ini tengah berjalan, nantinya Jembatan Juwet diproyeksikan memiliki panjang 7,5 meter dengan lebar 7 meter.

Diharapkan, dengan Jembatan Juwet yang semakin lebar dan kokoh dapat memperlancar akases warga Desa Juwet yang hendak menuju Desa Tanjungtani di Kecamatan Prambon dan sebaliknya.