Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kang Marhaen Kukuhkan TPAKD Kabupaten Nganjuk

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, mengukuhkan TPAKD Kabupaten Nganjuk, di Pendopo KRT Sosrokoesoemo, Jumat 2 Desember 2022

Nganjuknews.com – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Nganjuk, di Pendopo KRT Sosrokoesoemo, Jumat 2 Desember 2022.

TPAKD Kabupaten Nganjuk sendiri merupakan suatu forum koordinasi antarinstansi seperti Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan stakeholder lain di antaranya lembaga keuangan atau perbankan di wilayah Nganjuk.

Pembentukan TPAKD ini bertujuan untuk mempercepat akses keuangan di Kabupaten Nganjuk, dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, serta mewujudkan masyarakat Kota Bayu yang lebih sejahtera.

Adapun TPAKD Kabupaten Nganjuk yang dikukuhkan oleh Kang Marhaen, sapaan akrab Marhaen Djumadi, diketuai oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Nganjuk, Judi Ernanto.

Dalam paparannya, Kang Marhaen menjelaskan bahwa dibentuknya TPAKD ini bertujuan untuk mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya, guna mendukung perekonomian daerah.

“Lalu mencari terobosan dalam rangka membuka akses keuangan yang lebih produktif, mendorong LJK untuk meningkatkan peran serta dalam pembangunan ekonomi daerah,” jelas Kang Marhaen, Jumat 2 Desember 22.

Selanjutnya, kata Kang Marhaen, pembentukan TPAKD Kabupaten Nganjuk juga dalam rangka menggali potensi ekonomi daerah, yang dapat dikembangkan dengan menggunakan produk dan layanan jasa keuangan.

“Berikutnya mendorong optimalisasi potensi sumber dana di daerah, dalam rangka memperluas penyediaan pendanaan produktif, antara lain untuk mengembangkan UMKM dan usaha rintisan,” bebernya.

Terakhir, lanjut Kang Marhaen, keberadaan TPAKD Kabupaten Nganjuk juga diharapkan dapat mendukung program pemerintah, dalam upaya meningkatkan indeks inklusi keuangan di Indonesia.

Seusai mengukuhkan para pengurus, Kang Marhaen TPAKD Kabupaten Nganjuk langsung bergerak cepat, dengan menginventarisir masalah, dan bekerja sesuai target.

“Sehingga harapannya masyarakat Nganjuk bisa dengan mudah mengakses lembaga keuangan, yang sinergi dengan potensi wilayah masing-masing, dan diharapkan mampu mensejahterakan masyarakat,” harapnya.

Pengamatan Nganjuknews.com, pengukuhan TPAKD Kabupaten Nganjuk juga dihadiri sejumlah pejabat teras. Di antaranya ada Kepala Kantor OJK Kediri Bambang Supriyanto, dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri.