Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resmikan Embung Roro Suratmi dan Bumkel M3, Plt Bupati Nganjuk: Mangundikaran Bisa Jadi Pilot Project!

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, meresmikan Embung Roro Suratmi dan Bumkel M3 di Kelurahan Mangundikaran, Jumat 13 Januari 2023

Nganjuknews.com – Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, meresmikan Embung Roro Suratmi dan Bumkel Mangun Mulya Mandiri (M3) di Kelurahan Mangundikaran, Kecamatan/Kabupaten Nganjuk, Jumat 13 Januari 2023.

Dengan berbagai inovasi yang ada, Kang Marhaen sapaan akrab  Marhaen Djumadi, menyebut Kelurahan Mangundikaran bisa menjadi proyek percontohan kelurahan dan desa lainnya di Kota Bayu, nama lain Kabupaten Nganjuk.

“Mangundikaran bisa menjadi pilot project bagaimana mengembangkan wilayahnya, konsep manajemen air, bahkan bisa mengatasi banjir kota, hingga menggerakan potensi ekonomi masyarakat melalui konsep Bumkel ini. Mangundikaran keren,” kata Kang Marhaen.

Pengamatan Nganjuknews.com, Kang Marhaen terlebih dulu meresmikan Embung Roro Suratmi. Prosesi peresmian diawali doa bersama dan pemotongan tumpeng.

Embung Roro Suratmi sendiri merupakan embung baru seluas satu hektare, memanfaatkan lahan eks bengkok milik Kelurahan Mangundikaran.

Adapun nama Roro Suratmi yang disematkan sebagai nama embung diyakini sebagai tokoh yang ‘babat alas’ di kawasan sekitar RW 05 Kelurahan Mangundikaran. Roro Suratmi juga merupakan adik dari Eyang Mangundikoro, tokoh pembabat alas lingkungan Mangundikaran.

Di samping Embung Roro Suratmi ini juga telah disiapkan area makam baru seluas 1,3 hektare, yang akan menggantikan area Makam Mberu di Mangundikaran yang telah ada.

Pembangunan Embung Roro Suratmi di Kelurahan Mangundikaran ini menghabiskan anggaran sekitar Rp122 juta, dengan dana dari APBD tahun 2022, dan melibatkan partisipasi warga Kelurahan Mangundikaran.

Embung ini berfungsi sebagai tadah hujan atau terminal air, pencegah banjir kota, dan konservasi air bagi kawasan persawahan di sekitarnya, serta bisa difungsikan sebagai objek wisata pemancingan.

Usai meresmikan Embung Roro Suratmi, Kang Marhaen menuju Bumkel M3, sebuah kawasan rest area baru di wilayah Kantor Kelurahan Mangundikaran di Jalan Brantas.

Bumkel M3 merupakan usaha mini market dua lantai lengkap dengan Panewu Café dan Coffe Shop di rooftop-nya.

Bumkel ini juga dilengkapi dengan taman rest area yang dibangun sebagai tempat istirahat sebelum masuk Pintu Gerbang Tol Nganjuk.