Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bakesbangpol Nganjuk Masuk Sekolah, Tanamkan Wawasan Kebangsaan ke Para Pelajar Kota Bayu

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan Bakesbangpol Kabupaten Nganjuk, Atim Swasono

Nganjuknews.com – Bakesbangpol Kabupaten Nganjuk mengadakan sosialisasi peningkatan edukasi wawasan kebangsaan kepada pelajar SMP di Aula Disdik Kabupaten Nganjuk pada pertengahan bulan Maret ini.

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan Bakesbangpol Kabupaten Nganjuk, Atim Swasono menjelaskan, sosialisasi ini diadakan dalam rangka pembinaan wawasan kebangsaan bagi peserta didik.

“Sehingga perlu dilakukan upaya menyelamatkan, agar tetap tumbuh (rasa kebangsaan dan cinta tanah air) di kalangan remaja atau pelajar,” kata Atim kepada wartawan di Nganjuk, Selasa 28 Maret 2023.

Menurut Atim, ada empat pilar yang ditekankan dalam kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan ini. Pertama wawasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Pancasila, dan keempat wawasan Bhinneka Tunggal Ika.

“Kegiatan ini juga kami laksanakan di SMP yang ada di wilayah Kecamatan Nganjuk, mulai dari SMPN 1 Nganjuk sampai dengan SMPN 7 Nganjuk,” tutur dia.

Atim menyebut banyak manfaat yang didapat para peserta didik dalam kegiatan sosialisasi ini. Salah satunya, para pelajar dapat menumbuhkan kembali rasa kebangsaan, serta mampu meningkatkan wawasan mereka tentang Pancasila.

“Usai pemberian edukasi ini, kami akan melakukan evaluasi dan monitoring, apakah sosialisasi berdampak dan bisa diterapkan secara baik di kalangan remaja. Kami juga akan melakukan tinjauan kembali tentang apa yang kami sampaikan ini,” paparnya.

Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) SMPN 1 Nganjuk, Tavif Wandi Hantini menambahkan, kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan seperti ini dinilainya sangat diperlukan untuk menumbuhkan nasionalisme pelajar di lingkungan sekolah.

“Penting dilakukan di awal, karena kita dipengaruhi oleh perkembangan dan dinamika situasi, maka sangat perlu kita tumbuhkan wawasan kebangsaan kepada pelajar,” ucap Tavif.

Pengamatan Nganjuknews.com, kegiatan peningkatan edukasi wawasan kebangsaan ini turut diikuti oleh guru pembimbing dan siswa-siswi dari SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 5, SMPN 6 dan SMPN 7 Nganjuk.