Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Korwil PPKB Gondang Gelar Mini Lokakarya Percepatan Penurunan Stunting

Kegiatan mini lokakarya TPPS tingkat Kecamatan Gondang di Ruang Rapat Kantor Korwil PPKB Kecamatan Gondang, Selasa 28 Maret 2023

Nganjuknews.com – Korwil PPKB Kecamatan Gondang menggelar Mini Lokakarya Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) tingkat Kecamatan Gondang di Ruang Rapat Kantor Korwil PPKB Kecamatan Gondang, Selasa 28 Maret 2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh  Camat Gondang Darmantono, dan kader se-Kecamatan Gondang.

Adapun tujuan digelarnya mini lokakarya ini yakni untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai bahaya stunting, bagaimana menyikapinya, dan seperti apa peran TPPS dalam penanganan serta pencegahan stunting.

Dalam sambutannya, Darmantono mengatakan, penurunan angka stunting merupakan program prioritas nasional, yang memiliki beberapa strategi penanganan yang terus diusahakan hingga sekarang.

Program prioritas nasional ini, kata Darmantono, tidak akan berjalan apabila tidak ada kerja sama antara para pemangku kepentingan, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, pemerintah desa, maupun masyarakat.

“Hal ini juga dibuktikan dengan beberapa penghargaan dari tingkat nasional terhadap penanganan stunting di Kabupaten Nganjuk,” tutur Darmantono.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Kabupaten Nganjuk pernah mendapatkan penghargaan di tingkat nasional dalam kategori edukasi masyarakat dalam pencegahan stunting.

Di mana inovasi pencegahan stunting dengan program Ceting E Abah Kolel (Cegah Stunting Manfaatkan Bank Sampah, Pekarangan, dan Kolam Lele), menjadi perhatian pemerintah pusat.

Sebab, program Ceting E Abah Kolel yang diterapkan di Desa Senjayan, Kecamatan Gondang, dinilai efektif dan mampu menurunkan angka stunting di desa tersebut.

Berkaca dari kesuksesan tersebut, Darmantono meminta sejumlah para pemangku kepentingan untuk bersama-sama bersinergi dalam upaya percepatan penurunan angka stunting di Kecamatan Gondang, sehingga target nasional di angka 14 persen dapat terealisasi.

Kepala Korwil PPKB Kecamatan Gondang, Buntoro menambahkan, pencegahan stunting seyogianya dimulai dari calon pengantin (Catin). Berikutnya, perlu dilakukan pendampingan terhadap ibu hamil dan ibu nifas.

“Kita juga tekankan peran PKK dalam penurunan stunting, yaitu bahwa PKK adalah duta yang artinya mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, dan melakukan pendampingan ke sasaran (catin, ibu hamil, ibu nifas),” pungkas Buntoro.