Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cegah Stunting, DKPP Nganjuk Gencar Kampanyekan Gemarikan ke Warga

Warga dan pihak DKPP Nganjuk foto bersama di sela kegiatan sosialisasi Gemarikan di Balai Desa Patihan, Kecamatan Loceret, Sabtu 11 Maret 2023

Nganjuknews.com – Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DKPP) Kabupaten Nganjuk aktif menyosialisasikan Gemarikan bagi masyarakat Kota Bayu, nama lain Nganjuk.

Sosialisasi Gemarikan ini dimaksudkan untuk mewujudkan generasi yang sehat, cerdas, dan kuat, serta bebas dari stunting.

Terbaru, pihak DKPP Kabupaten Nganjuk mengadakan sosialisasi di Balai Desa Patihan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Sabtu 11 Maret 2023.

Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta. Mereka berasal dari kalangan ibu hamil, balita, dan anak usia bawah dua tahun (baduta).

Sebelum mengadakan sosialisasi di Balai Desa Patihan, DKPP Kabupaten Nganjuk juga telah melaksanakan kegiatan serupa di SDN Ganungkidul, Selasa 7 Maret 2023 lalu.

Kepala DKPP Kabupaten Nganjuk, Yusuf Satrio Wibowo, berharap melalui sosialisasi ini masyarakat semakin gemar makan ikan, untuk mencegah stunting pada anak.

Sebab, gemar mengonsumsi ikan saat hamil diyakini dapat membantu tumbuh kembang anak saat lahir.

“Dari kandungan dan saat ibu menyusui juga harus gemar dan suka makan ikan. Gemar memakan ikan dapat mencegah stunting, dan untuk mewujudkan generasi kita yang sehat, kuat, dan cerdas serta agamis,” jelas Yusuf.

Menurut Yusuf, harga ikan saat ini masih tergolong murah bila dibandingkan dengan ayam atau daging kambing maupun sapi.

Oleh karenanya, lanjut Yusuf, program Gemarikan yang digencarkan pemerintah diharapkan dapat mencerdaskan kehidupan bangsa.

Yusuf melanjutkan, ikan selama ini menjadi salah satu sumber asupan pangan kaya protein dan omega 3. Karenanya, ikan sangat relevan untuk mendukung program penanganan stunting.

Selain itu, Yusuf menyebut kampanye Gemarikan menjadi langkah stategis pemerintah dalam mengedukasi masyarakat.

“Sekaligus meningkatkan angka konsumsi ikan di Kabupaten Nganjuk,” imbuhnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Loceret, Nur Binti, menyampaikan terima kasih karena telah diselenggarakan sosialisasi Gemarikan di wilayahnya.

Nur Binti, berharap melalui gemar makan ikan maka anak-anak dapat tumbuh berkualitas.

“Tidak ada lagi stunting pada anak,” harap Nur Binti.

Nur Binti menuturkan kegiatan sosialisasi semacam ini sangat penting bagi ibu dan anak.

“Karena kita dikenalkan tentang bagaimana manfaat mengonsumsi ikan. Ikan banyak mengandung gizi dan protein. Maka, anak-anak harus diperkenalkan secara dini. Untuk perkembangan otak dan tumbuh kembang anak, balita, ibu hamil, dan baduta,” beber Nur Binti.

Sementara Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Nganjuk, Bashori, mendukung penuh program Gemarikan yang kini aktif disosialisasikan oleh DKPP Nganjuk.

“Kita Komisi II mitra kerja Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Nganjuk mendukung penuh program pemerintah Kabupaten Nganjuk Gemarikan ini,” ujar Bashori.

“Semoga melalui gerakan memasyarakatkan makan ikan akan tumbuh anak-anak yang sehat, kuat, cerdas. Ibu dan balita sehat melahirkan SDM unggul,” pungkas dia.