Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PWI dan Diskominfo Nganjuk Sukses Gelar Video Competition 2023

Kabid Statistik dan PIP Diskominfo Nganjuk, Hari Purwanto, saat memberikan sambutan dalam kegiatan grand final Video Competition 2023 di Gedung Wanita Nganjuk, Sabtu 11 Maret 2023

Nganjuknews.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Nganjuk sukses mengadakan Video Competition 2023.

Lomba video pendek bertema ‘Generasi Muda Nganjuk Lawan Hoaks’ itu diadakan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 PWI.

Kepala Bidang (Kabid) Statistik dan Pengelolaan Informasi Publik Diskominfo Kabupaten Nganjuk, Hari Purwanto, menilai perlombaan ini sukses besar. Hal itu mengacu dari antusias peserta yang tinggi.

“Antusiasnya (peserta) sangat bagus. Kita sudah melaksanakan mulai tahun 2021, ada peningkatan terus,” ucap Hari usai kegiatan grand final Video Competition 2023 di Gedung Wanita Kabupaten Nganjuk, Sabtu 11 Maret 2023 malam.

Untuk diketahui, Video Competition 2023 ini diikuti oleh 29 peserta dari pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat se-Kabupaten Nganjuk.

Menurut Hari, semua video pendek yang dikirimkan para peserta kreatif. Pesan yang disampaikan juga memberikan edukasi mengenai bahaya hoaks.

“Semuanya prinsipnya bagus semua, bisa memberikan suatu pencerahan atau edukasi kepada masyarakat, yang penting itu. Apa itu hoaks, bahayanya apa, itu sudah dimunculkan semua,” papar Hari.

“Yang paling penting teman-teman semua atau sineas yang ada tetap berkreasi untuk membuatkan karya yang bermanfaat untuk masyarakat,” lanjut dia.

Kendati demikian, Hari juga memberikan sejumlah catatan kepada para peserta yang notabene sineas pemula, di antaraya terkait alur cerita film.

“Itu alurnya masih (sering) melompat-lompat. Itu yang nanti akan kita berikan suatu bimbingan ke pegiat atau sineas yang ada di Kabupaten Nganjuk,” tuturnya.

“Agar ke depan alurnya bisa runtut, pengambilan gambarnya, terus audionya biar fokus semuanya. Jadi biar maksimal untuk membuat film, bisa dikatakan profesional, ada harga jual di sana,” sambung dia.

Untuk diketahui, Video Competition 2023 kolaborasi PWI dan Diskominfo Kabupaten Nganjuk tersebut diikuti oleh 29 peserta dari pelajar SMA sederajat se-Kabupaten Nganjuk.

Setelah melalui proses penjurian yang ketat, video pendek berjudul ‘Miker Sek’ garapan tim dari SMKN 1 Nganjuk berhasil menyabet juara pertama.

Untuk juara kedua diraih oleh tim dari SMKN 2 Nganjuk, dengan video pendek berjudul ‘Iseng Dadi Gawe’. Lalu juara ketiga ditempati tim dari SMKN 1 Tanjunganom dengan judul ‘Ojo Dibaleni.

Sebagai informasi, grand final Video Competition 2023 di Gedung Wanita Kabupaten Nganjuk dihadiri oleh sejumlah pejabat teras. Di antaranya ada Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi.

Lalu Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk Tatit Heru Tjahjono, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk Raditya Haria Yuangga, Ketua PWI Kabupaten Nganjuk Andik Sukaca, dan sejumlah pejabat lainnya.