Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dinas KPP Nganjuk Restocking Benih Ikan Tawes di Perairan Kalimati Jatikalen, Ini Tujuannya

Kegiatan restocking di Perairan Kalimati, Desa/Kecamatan Jatikalen, Selasa 21 Maret 2023 pagi

Nganjuknews.com – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (KPP) Kabupaten Nganjuk mengadakan kegiatan restocking atau pelepasliaran benih ikan di wilayah perairan umum Kota Angin, nama lain Nganjuk.

Untuk diketahui, restocking merupakan upaya penambahan stok ikan tangkapan dengan menebarkan benih di perairan umum yang mengalami krisis. Harapannya, benih ikan yang ditebar kelak dapat dikonsumsi masyarakat.

Demikian penjelasan Kepala Dinas KPP Kabupaten Nganjuk, Yusuf Satrio Wibowo, usai kegiatan restocking benih ikan tawes di Perairan Kalimati, Desa/Kecamatan Jatikalen, Selasa 21 Maret 2023 pagi.

Menurut Yusuf, kegiatan restocking ini merupakan wujud kepedulian pemerintah untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat, dalam rangka menjaga kelestarian keberadaan ikan lokal di perairan umum.

“Ada 25.000 benih ikan tawes kita lepas liarkan di Perairan Embung KUB Kalimatiwetan Jatikalen ini. Semoga kelestariannya tetap terjaga, dan memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar,” kata Yusuf.

Yusuf menjelaskan, program restocking ini merupakan salah program pemerintah daerah dalam rangka mewujudkan masyarakat Nganjuk yang gemar memakan ikan (Gemarikan).

“Maka dari itu, ambil ikan secara alami, misalnya mancing. Jangan sampai menggunakan bom, poltas, maupun setrum, sehingga kandungan gizi dalam ikan bisa dirasakan manfaatnya untuk kesehatan tubuh,” tutur dia.

Selanjutnya, Yusuf berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan manfaat langsung, sehingga mampu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dalam mengonsumsi kesediaan bahan baku ikan tangkapan.

“Semoga dengan dilakukannya pelepasliaran benih ikan ini, ekosistem sumber daya ikan tetap terjaga keberadaanya, lestari berkelanjutan untuk kebutuhan hidup sekarang, dan kehidupan anak cucu kita yang akan datang,” tambahnya.

Sementara itu, dalam kegiatan itu Dinas KPP Kabupaten Nganjuk juga memberikan bantuan alat jala dan waring kepada Pokdakan KUB Kalimatiwetan Jatikalen.