Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kang Marhaen ‘Sat Set’ Tanggulangi Banjir di Wilayah Pace

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, meninjau pembangunan talud di wilayah Kecamatan Pace, Rabu 29 Maret 2023

Nganjuknews.com – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, sat set atau sigap menanggulangi banjir luapan sungai di wilayah Kecamatan Pace yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

Di mana banjir luapan Sungai Bodor tersebut menyebabkan beberapa titik tanggul sungai di Pace ambrol. Bahkan, insiden ini turut menghanyutkan dua ruko milik Zajuli, warga Desa Banaran, Kecamatan Pace.

Untuk menanggulangi banjir luapan sungai ini, Pemkab Nganjuk membangun talud atau bronjong. Pada Rabu 29 Maret 2023, Plt Bupati Nganjuk menyempatkan diri meninjau pembangunan talud ini.

Pengamatan Nganjuknews.com, talud yang dibangun Pemkab Nganjuk ini memiliki panjang 16 meter, lebar 1,5 meter, dan tinggi 7,5 meter. Talud ini dibangun oleh BPBD menggunakan dana tak terduga.

Adapun pembangunan talud ini menggunakan alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Nganjuk, dengan pengerjaan selama sepuluh hari.

Kang Marhaen, sapaan akrab Marhaen Djumadi mengatakan, pembangunan talud di Pace ini merupakan wujud komitmen Pemkab Nganjuk memberikan layanan prima kepada masyarakat di Kota Bayu.

“Kita harus sat set menangani beberapa titik tanggul sungai yang ambrol diterjang banjir beberapa saat yang lalu. Saya harap wilayah lain juga bersabar, akan kita tangani,” kata Kang Marhaen usai meninjau pembangunan talud.

“Yang penting masyarakat merasakan hadirnya pemerintah dalam masalah banjir ini,” lanjut politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan tersebut.

Untuk diketahui, banjir luapan sungai di Pace yang terjadi beberapa waktu lalu menyebabkan tiga titik tanggul sungai ambrol. Kini, berkat kesigapan Pemkab Nganjuk, ketiga titik tersebut tengah diperbaiki.

Sementara selain meninjua pembangunan talud, dalam kesempatan itu Kang Marhaen juga menyempatkan diri berdialog dengan warga, sembari memberikan bantuan sembako termasuk ke para pekerja proyek talud.

Selanjutnya, Kang Marhaen mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut andil dalam pembangunan talud ini.

“Maturnuwun juga atas kerja sama pihak kecamatan, desa, dan seluruh perangkat dalam penanganan banjir di wilayah Pace ini” pungkas Kang Marhaen.