Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Plt Bupati Nganjuk Serahkan Dana Sharing Perhutani ke LMDH

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, menyerahkan secara simbolis sharing produksi kayu dan nonkayu di Aula Wana Wisata Edukasi Manyung, Desa Bagorkulon, Kecamatan Bagor, Kamis 30 Maret 2023

Nganjuknews.com – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, menyerahkan secara simbolis sharing produksi kayu dan nonkayu di Aula Wana Wisata Edukasi Manyung, Desa Bagorkulon, Kecamatan Bagor, Kamis 30 Maret 2023.

Dana sharing tersebut berasal dari Perum Perhutani tahun 2020, yang diserahkan kepada 28 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Nganjuk di wilayah Perum Perhutani KPH Nganjuk, dan 23 LMDH Nganjuk di wilayah KPH Jombang.

Total dana sharing yang diberikan perhutani ini sebesar Rp389.813.751, dengan rincian LMDH Nganjuk di wilayah KPH Nganjuk menerima sharing Rp339.767.165, dan LMDH Nganjuk di wilayah KPH Jombang menerima Rp50.046.586.

Usai menyerahkan dana sharing, Kang Marhaen sapaan akrab Marhaen Djumadi, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Perum Perhutani Nganjuk dan Jombang atas pemberian dana sharing kepada LMDH Nganjuk.

Menurut Kang Marhaen, pemberian dana sharing ini merupakan wujud komitmen Perhutani dalam pengeloaan hutan yang bermitra dengan LMDH, dan sebagai bentuk kepedulian dan dukungan Perhutani terhadap masyarakat sekitar hutan.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Nganjuk dan masyarakat Nganjuk (LMDH), saya menyampaikan terima kasih. Alhamdulillah sharing-nya sudah diberikan,” ucap Kang Marhaen kepada wartawan di Nganjuk, Kamis 30 Maret 2023.

Berikutnya, Kang Mahaen berharap LMDH bisa lebih semangat dalam mengelola bersama kawasan hutan, tentunya dengan ikut menjaga kelestarian alam.

“Kita jaga alam, maka alam akan menjaga kita. Kita cinta alam, maka alam akan mencintai kita,” papar Kang Marhaen.

Kang Marhaen melanjutkan, pemberian dana sharing ini sangat bermanfaat bagi LMDH, untuk dapat meningkatkan produktiftas dan kemajuan lembaganya, serta untuk peningaktan kesejahteraan anggotanya.

“Maka manfaatkan bantuan ini untuk hal-hal yang produktif. Bukan hanya produktifitasnya saja yang dihitung, tapi juga banyaknya keuntungan bagi petani (LMDH),” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Perum Perhutani Divisi Regional (Divre) Jawa Timur, Amas Wijaya mengatakan, selain bersama-sama menjaga kelestarian hutan, masyarakat yang tergabung di LMDH juga bisa mengambil manfaat dari hasil hutan.

“Kita jaga potensi yang ada, supaya hasil yang kita nikmati juga besar,” tuturnya.

Untuk diketahui, kegiatan penyerahan dana sharing ini tutut dihadiri sejumlah pejabat. Di antaranya Administratur KPH Nganjuk Wahyu Dwi Hadmojo, Administratur KPH Jombang Mukhlisin, dan Kepala Desa Bagorkulon.