Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kang Marhaen Hadiri Upacara Manusuk Sima di Candi Lor, Puncak Peringatan Hari Jadi ke-1086 Nganjuk

Prosesi manusuk sima di Candi Lor, Senin 10 April 2023 sore

Nganjuknews.com – Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, menghadiri prosesi upacara manusuk sima di Candi Lor, Desa Candirejo, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Senin 10 April 2023 sore.

Upacara manusuk sima dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-1086 Nganjuk. Di mana prosesi manusuk sima yang diperagakan dalam upacara ini merupakan visualisasi perjuangan cikal bakal Nganjuk.

“Candi Lor atau Candi Boto ini sebagai peninggalan dari Pu Sindok, menjadi cikal bakal Nganjuk. Dari sinilah hari jadi Nganjuk yang sesungguhnya,” kata Kang Marhaen, sapaan akrabnya.

Kang Marhaen menuturkan, visualisasi manusuk sima dalam pucak peringatan Hari Jadi ke-1086 Nganjuk ini adalah bentuk penghormatan kepada para leluhur, di antaranya Pu Sindok dan Pu Anjuk Ladang.

Selain itu, juga sebagai bentuk penghormatan kepada bupati-bupati terdahulu mulai Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Sosrokoesoemo, dan bupati-bupati selanjutnya yang memimpin Kota Bayu.

“Dari manusuk sima di Candi Lor ini bisa direfleksikan bagaimana sejarah berdirinya Nganjuk. Dari gambaran tersebut betapa beratnya perjuangan dari para leluhur,” ucap politikus PDI Perjuangan itu.

Upacara manusuk sima di Candi Lor ini merupakan yang kedua kalinya digelar Pemkab Nganjuk. Kang Marhaen berharap kegiatan ini dapat terus dilestarikan dan menjadi agenda tahunan.

“Saya berharap acara ini (manusuk sima) ke depan terus dikembangkan, sehingga esensi sejarahnya dapat, dari sisi hiburannya dapat, dari sisi wisatanya juga dapat,” papar Kang Marhaen.

“Sehingga acara hari jadi Nganjuk itu harus berdampak. Untuk branding Nganjuk, untuk ekonomi masyarakat, pecinta sejarah dan wisata Nganjuk,” sambungnya.

Untuk diketahui, upacara manusuk sima di Candi Lor ini turut dihadiri sejumlah kepala OPD, Camat Pace beserta Forpimcam Loceret, Kepala Desa Candirejo, pegiat Kotasejuk, dan masyarakat Nganjuk.