Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Temu Kangen Diaspora Nganjuk, Begini Pesan Kang Marhaen

Kegiatan Temu Kangen Diaspora Nganjuk di Pendopo KRT Sosrokoesoemo, Minggu 23 April 2023

Nganjuknews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk menggelar Temu Kangen Diaspora Nganjuk bertema ‘Bangkit Melesat Menuju Nganjuk Maju, Bermartabat, dan Sejahtera’ di Pendopo KRT Sosrokoesoemo, Minggu 23 April 2023.

Pengamatan Nganjuuknews.com, kegiatan untuk mempertemukan orang Nganjuk di perantauan itu dihadiri sekitar 200 orang. Mereka terdiri dari diaspora warga Nganjuk, para kepala OPD, LSM, dan insan pers, dan berbagai komunitas.

Dalam sambutannya, Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi mengatakan, melalui kegiatan ini pihaknya mengharapkan sumbangsih pemikiran dan tenaga diaspora warga Nganjuk dalam membangun daerah asalnya.

“Sumbangsih, pemikiran, para tokoh Nganjuk di rantau sungguh luar biasa, dan itu yang kita harapkan,” kata bupati yang akrap di telinga warganya dengan sapaan Kang Marhaen itu, Minggu 23 April 2023.

“Nganjuk akan semakin maju jika kita bisa mencari solusi bersama,” lanjut politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu.

Di antara peserta Temu Kangen Diaspora Nganjuk ini ialah Harjono, hakim MK.

Ia menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo mencanangkan Indonesia pada tahun 2025 masuk lima besar ekonomi dunia. Tentunya Kabupaten Nganjuk akan ikut berperan dalam hal ini, dan harus menyiapkan pembangunan SDM.

Selain Harjono, salah satu peserta Temu Kangen Diaspora Nganjuk yakni Endah memberikan saran terkait pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Nganjuk.

Ia menyarankan agar pengembangan sektor pariwisata di Kota Bayu berpedoman pada empat A, yakni aksebiliti, amenitas, atraksi, dan ansilari.

Menurut dosen pariwisata Universitas Airlangga itu, keempat unsur A tersebut telah dimiliki Nganjuk. Tinggal bagaimana cara meramu, agar menjadi satu kekuatan untuk bisa mendongkrak pembangunan pariwisata di Nganjuk.