Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

May Day 2023, Kang Marhaen Tegaskan Komitmennya Bersama Wong Cilik

Peringatan hari buruh internasional atau may day 2023 di Kabupaten Nganjuk, Senin 1 Mei 2023

Nganjuknews.com – Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, mengucapkan selamat dan sukses untuk perjuangan para buruh dalam momen peringatan hari buruh internasional atau may day 2023 di Kabupaten Nganjuk, Senin 1 Mei 2023.

Peringatan may day 2023 di Kabupaten Nganjuk sendiri diawali dengan dengan kegiatan jalan santai bersama organisasi serikat pekerja dan para buruh perusahaan yang ada di Nganjuk, di area GOR Bung Karno, Senin 1 Mei 2023.

Seusai kegiatan jalan sehat, Kang Marhaen sapaan akrab Marhaen Djumadi, bersama Forkopimda lantas berziarah ke makam Marsinah, pahlawan buruh asal Desa Nglundo, Kecamatan Sukomoro.

Kepada wartawan, Kang Marhaen menegaskan komitmennya bersama para buruh dan wong cilik yang ada di Kota Bayu, nama lain Kabupaten Nganjuk.

“Kita berpihak pada yang kecil, tapi tidak memusuhi pihak yang besar. Jika ada hak-hak para buruh yang kurang, Pemda selalu berkomunikasi dan mediasi. Alhamdulilah komunikasi ini jalan hingga saat ini,” kata dia.

Selanjutnya, Kang Marhaen juga menegaskan komitmennya untuk mempermudah perizinan berusaha di Kabupaten Nganjuk. Namun ia memberikan catatan, agar pekerja yang diberdayakan harus warga Nganjuk.

“Saya tegaskan lagi, kita bantu perizinan usaha, tetapi tenaga kerjanya harus diutamakan masyarakat Nganjuk, harus digaji sesuai Upah Minimum Kabupaten (UMK),” tutur Kang Marhaen.

Berikutnya, politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu meminta agar pihak perusahaan yang ada di Kabupaten Nganjuk mentaati undang-undang yang berlaku.

“Lengkapi (karyawan) dengan BPJS kesehatan dan Naker. Upah lembur juga harus dibayarkan,. Komitmen kita jelas bersama wong cilik,” pungkas dia.