Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bupati Nganjuk Buka Pembinaan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Begini Pesannya

Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi (kiri)

Nganjuknews.com – Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, membuka kegiatan Pembinaan Pengelolaan Lingkungan Hidup Kabupaten Nganjuk, di The Farrel Hotel Nganjuk, Selasa 2 Mei 2023.

Kegiatan ini diikuti oleh perangkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Nganjuk, staf ahli bupati, beberapa camat, para lurah, perwakilan rumah sakit, dan beberapa perusahan strategis.

Adapun pembicara utama dalam kegiatan ini yakni Staf Ahli Menko Marinves Bidang Ekonomi Maritim, Dr Sugeng Santoso.

Dalam sambutannya, Kang Marhaen sapaan akrab Marhaen Djumadi, mengingatkan agar unsur sosial, ekonomi, dan lingkungan hidup di Kabupaten Nganjuk harus berfungsi dengan baik.

“Saya ingatkan, unsur sosial-ekonomi dan lingkungan hidup harus berfungsi baik,” kata Kang Marhaen.

Selanjutnya, politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu menyinggung masalah limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) dari di beberapa perusahaan.

“Saya ingatkan (pihak perusahaan) terus berkoordinasi dengan Pemkab Nganjuk, agar tidak menimbulkan efek buang yang berbahaya. Pemkab akan berjalan dalam pengawasan yang ketat,” tutur Kang Marhaen.

Sementara dalam paparannya, Sugeng menjelaskan bahwa implementasi ekonomi sirkular merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kelestarian lingkungan.

Green Design sendiri merupakan salah satu cara untuk mengurangi limbah, guna meningkatkan kelestarian lingkungan. Salah satunya dengan menerapkan material dengan prinsip reduce, reuse, recycle (3R).