Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hanura Nganjuk Optimis Pertahankan 6 Kursi Dewan

DPC Hanura Kabupaten Nganjuk menyerahkan berkas pendaftaran Bacaleg ke KPU Kabupaten Nganjuk, Minggu 14 Mei 2023

Nganjuknews.com – DPC Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nganjuk, Minggu 14 Mei 2023.

Pendaftaran tersebut diikuti rombongan dari jajaran pengurus DPC, Bacaleg, dan simpatisan yang dipimpin langsung oleh Ketua DPC Hanura Kabupaten Nganjuk, Raditya Haria Yuangga.

Pengamatan Nganjuknews.com, rombongan DPC Hanura Kabupaten Nganjuk tiba di Kantor KPU Kabupaten Nganjuk pada Minggu 14 Mei 2023 sekitar pukul 13.30 WIB.

Uniknya, dalam pendaftaran ini Hanura Kabupaten Nganjuk dikawal oleh pasukan ‘Pandawa Lima’, atau pasukan berkostum para satria dan kesatria pewayangan Jawa.

Kehadiran rombongan Hanura Kabupaten Nganjuk ini diterima langsung Ketua KPU Nganjuk Pujiono dan seluruh jajaran komisioner.

Selanjutnya, mereka menyerahkan berkas Bacaleg di semua Daerah Pemilihan (Dapil) di Kabupaten Nganjuk.

Ketua DPC Hanura Kabupaten Nganjuk, Raditya Haria Yuangga mengatakan, berkas Bacaleg partainya dari lima Dapil sudah lengkap dan telah diserahkan ke KPU.

“Kami hari ini mendaftarkan 50 orang Bacaleg DPRD Nganjuk, dan insyaallah keterwakilan perempuannya sudah terpenuhi, dan kita full (terisi semua Dapil),” ujar Yuangga.

Pada Pemilu 2024 mendatang, Yuangga menargetkan partainya bisa mempertahankan perolehan kursi DPRD Nganjuk yang telah dimiliki saat ini, yakni sebanyak enam kursi.

“Kami hanya ingin bertahan. Kalaupun Partai Hanura bisa mendapatkan kursi lebih, alhamdulillah, yang jelas kami sangat optimis bisa bertahan enam kursi,” ujar legislator yang menjabat Wakil Ketua DPRD Nganjuk itu.

Adapun iringan atraksi tokoh pewayangan dalam pendaftaran partainya ke KPU, Yuangga menyebut sebagai bentuk penghormatan kepada budaya tradisional dan pemuda.

“Jadi kami sengaja membawa rombongan berkostum tokoh wayang, dan juga rombongan pemuda,” urainya.

Yuangga juga berpesan, bahwa Kabupaten Nganjuk saat ini membutuhkan sosok-sosok yang ‘tatag’ untuk menata daerah. Di mana, simbol tatag itu tercermin dari tokoh-tokoh pewayangan seperti Pandawa Lima.

Lebih lanjut, dikatakan Yuangga, Bacaleg Hanura Kabupaten Nganjuk setiap Dapil berisi orang-orang hebat dari berbagai latar belakang.

“Ada yang dari pengusaha, mantan kepala desa, atlet internasional, mantan polisi, dan tentu saja dari kalangan anak-anak muda yang tatag,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Nganjuk Pujiono mengatakan, masa pendaftaran Bacaleg berlangsung dari 1 sampai 14 Mei 2023.

Berkas pendaftaran Partai Hanura Kabupaten Nganjuk sudah diterima, dan selanjutnya akan melalui tahapan verifikasi hingga muncul Daftar Calon Sementara (DCS).

“Akan diproses sampai pada tahapan terakhir pada 3 Oktober 2023 sebagai Daftar Calon Tetap (DCT),” papar Pujiono.

Menurutnya, pada tahap proses pemeriksaan berkas, bakal calon legislatif Parpol masih bisa diubah atau diganti calon lain. Namun, jika sudah masuk DCT, maka sudah tidak bisa diubah atau digantikan.