Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Partai Hanura Ingin Nganjuk Dipimpin Bupati Perempuan, Sinyal Restui Zuli Rantauwati?

Ketua DPC Hanura Kabupaten Nganjuk Raditya Haria Yuangga dan jajaran saat memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor KPU Kabupaten Nganjuk, Minggu 14 Mei 2023

Nganjuknews.com – Sejumlah Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Partai Hanura Kabupaten Nganjuk turut serta saat partai ini mendaftarkan Bacalegnya ke ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nganjuk, Minggu 14 Mei 2023.

Salah satunya ialah Zuli Rantauwati, Bacaleg Partai Hanura yang akan bertarung di Dapil 1 Nganjuk.

Zuli sendiri merupakan kakak dari mantan Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidhayat. Adapun Zuli baru-baru ini juga menyatakan diri siap maju menjadi Calon Bupati (Cabup) di Pilkada Kabupaten Nganjuk tahun 2024 mendatang.

Terkait pernyataan anak sulung almarhum H Imam Mukhayat Syah itu, Ketua DPC Hanura Kabupaten Nganjuk, Raditya Haria Yuangga mengatakan, bahwa pihaknya memang berharap bahwa Calegnya nanti ada yang berani maju menjadi Cabup Nganjuk.

“Yang jelas yang namanya Bupati (Nganjuk) kalau menurut kami (yang cocok) adalah perempuan,” ujar Yuangga di Kantor KPU Kabupaten Nganjuk usai mendaftarkan Bacalegnya, Minggu 14 Mei 2023.

Disinggung mengenai keberanian Bacaleg Zuli yang telah menyatakan kesiapannya maju menjadi Cabup Nganjuk pada Pilkada mendatang, Yuangga menyebut hal itu akan diserahkan sepenuhnya kepada keputusan DPP Partai Hanura.

“Semua tergantung dari keputusan DPP Partai Hanura. Jadi kami akan terus melakukan lobi-lobi politik ke DPP, apabila ada kader kami yang siap maju menjadi AG-1 (Cabup Nganjuk),” ujarnya.

Yuangga tak membatasi hanya satu nama, Zuli Rantauwati. Namun ia juga membuka peluang yang sama untuk nama-nama lain, baik internal maupun eksternal, yang berani ‘bertarung’ di Pilkada Nganjuk tahun 2024.

“Semua berhak dan semua layak. Tapi yang kami inginkan adalah Nganjuk sesekali seperti di zaman Bu Hanung (Siti Nurhayati), dipimpin oleh seorang wanita atau perempuan,” papar Yuangga.

Untuk diketahui, Bacaleg dari Partai Hanura yakni Zuli Rantauwati kepada wartawan menyatakan kesiapannya maju dalam kontestasi Pilkada tahun 2024 sebagai calon Bupati Nganjuk.

“Saya bergabung dengan Partai Hanura, dan saat ini mendaftar sebagai Bacaleg DPRD Nganjuk Dapil I. (Ke depannya) Siapa tahu saya ada rezeki, tiba-tiba melesat menjadi AG-1 (Bupati Nganjuk),” kata dia.

Zuli mengatakan, keinginannya untuk maju menjadi calon Bupati Nganjuk didasari oleh sejumlah tujuan besar. Antara lain, untuk memperbaiki citra keluarga besar H Imam Mukhayat Syah di mata masyarakat.